Pemerintahan

Petugas di Terjunkan Awasi Hewan Ternak .

Karawag. Swara Jabbar Com.-Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Karawang, Jawa Barat menyebar petugas ke sejumlah titik penyembelihan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di 30 kecamatan sekitar Karawang.

“Kami menerjunkan seluruh PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di 30 kecamatan di sekitar Karawang,” kata Kabid Peternakan DPKP Karawang Handoko di Karawang.

Ia menyampaikan kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan kurban sebenarnya rutin dilakukan setiap tahun, saat peringatan Idul Adha.

Kali ini, dalam situasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), pihaknya terus berupaya melakukan antisipasi terhadap penyebaran wabah tersebut dengan memastikan keamanan selama pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

Menurut dia, untuk tata cara pemotongan hewan kurban secara umum, telah sesuai dengan pedoman pemotongan hewan kurban dalam situasi wabah PMK.

Disebutkan kalau pengelola dari masing-masing wilayah telah memiliki tempat pembuangan limbah sendiri.

“Kalau ditemukan hewan yang terjangkit PMK, maka kami akan melakukan penanganan agar virus tersebut tidak menyebar ke hewan ternak yang lain,” kata dia.

Hal itu dilakukan dengan melakukan pemotongan secara terpisah untuk ternak dengan gejala PMK yang masih memenuhi syarat sah sebagai hewan kurban atau dilakukan pemotongan setelah semua hewan sehat selesai dipotong. (*)