Regional

Dr Tan Ping Ie Tugas di Cirebon jadi Pendiri RS Kebon Jati Bandung

Bandung.Swara Jabbar Com.-RS Kebon Jati di Jalan Kebon jati terkenal sejak tahun 1943. Dulu namanya RS Kebon Jati adalah Zhong Hua Yi Yuan. Pendirinya adalah Dr Tan Ping Ie. Tahun 1946 bersama dengan Komunitas Tionghoa Bandung mendirikan Zhong Hua Yi Yuan, atas jasanya tersebut Dr Tan Ping Ie mendapatkan penghargaan sebagai Ridder Van Orange.

Dr Tan Ping Ie lahir di Semarang 8 Maret 1892 menyelesaikan HBS tahun 1926 kuliah di Universitas Amoy Xiamen tahun 1927 kembali ke Indonesia menjadi Dokter bertugas di Cirebon dan Semarang. “Di Semarang pun peran dokter Tionghoa sangat besar. Dr. Tan Ping Ie pertama kali melayani pasien pada September 1926. Ia ahli bedah lulusan Belanda. Dalam menjalankan praktiknya, dr. Tan Ping Ie, sering menggratiskan pasiennya. Sayang karena terlalu idealis, ia kesulitan membayar sewa rumah dan menanggung biaya hidup. Kemudian ia mencoba peruntungan ke Cirebon. Di Cirebon Dr Tan Ping Ie juga sering menggratiskan pasiennya. Tahun 1940 pindah ke Bandung.

Tahun 1943 dengan nama Chung Hua Ie Yuen yang berarti Rumah Sakit Tionghoa yang tergabung dalam Yayasan Chung Hua Chung Hui dengan gedung dan fasilitas yang sederhana diawali dengan pembukaan poliklinik.Dengan dibukanya poliklinik yang sederhana tersebut membangkitkan semangat para pengurus yayasan untuk meningkatkan kesadaran di kalangan masyarakat akan pentingnya awal didirikan tahun 1943.

Ketua Tuan Thung Djie Leh
Sekretaris Tuan Yap King Tik
Bendahara yang drs Tjoe Kim Giok
Komisaris Dr Koo Kian Giap
Tuan Ang Goan Hoat, Dr Siem Kie Liat, Tuan Tan Kay Toeng Tuan Tan A Toeng, Tuan Djie Tiauw Giok.
Direktur Rumah Sakit Tan Ping Ie.

Pendiri Rumah Sakit Kebon Jati Dr Lo Siauw Goen,, Dr Ong Teng Houw, Dr Tan Ping Ie.
“Dari waktu ke waktu Rumah Sakit Kebon Jati terus berkembang dan semakin dikenal luas. Sambutan masyarakat semakin meningkat hal ini dapat dilihat dari datayang berkunjung ke Rumah Sakit Kebon Jati banyak yang datang dari luar wilayah kota Bandung .

Dalam segi fisik dari waktu ke waktu Rumah Sakit Kebon Jati mengalami perubahan Tahun 1948 menambah fasilitas diunit rawat jalan dan rawat inap . Tahun 1968 pembangunan dilanjutkan sehingga gedung menjadi tiga lantai . Peresmian gedung pada saat itu dilakukan oleh Menteri Kesehatan Dr. Siwabessy pada tahun 1972.Tahun 1999- 2000 dibangun Ruang Perawtan VIP dan Kelas Utama serta perbaikan tampak depan rumah sakit. Keberadaan Rumah Sakit Kebon Jati tetap eksis dalam keadaan apapun . Tahun 2001 telah terakreditasi Dasar, tahun 2008 telah terakreditasi lanjutan dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia..
Dr Tan Ping Ie “Mennggal di Bandung 6 Maret 1962 dalam usia 69 tahun.

Jeremy Huang Wijaya.