Parlementaria

Ketua DPRD Jabar Berharap Karang Taruna Agen Perubahan Pembangunan Desa

SUBANG.SJN COM. -Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari menilai Karang Taruna bisa menjadi agen perubahan untuk pembangunan desa

Melalui kreatifitas dan inovasi yang dimiliki, Karang Taruna mampu membantu pemerintah dalam melahirkan desa-desa yang berkualitas.

Hal itu dikatakan Ineu usai menghadiri Bulan Bakti Karang Taruna Kabupaten Subang di Pantai Pondok Bali, Selasa (30/10).

“Saya berharap karang taruna bisa memposisikan diri sebagai elemen pemuda yang siap melakukan kerja-kerja yang kreatif dan inovatif untuk sama-sama membangun desa,” ucap Ineu.

Acara tersebut sangat diapresiasi politisi asal PDI Perjuangan itu. Ia pun berpesan kepada unsur Karang Taruna Kabupaten Subang untuk berkontribusi mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh daerahnya.

“Saya melihat di Subang ada banyak potensi-potensi yang bisa dikembangkan. Selain Kabupaten Subang akan memiliki Pelabuhan Internasional di Patimban, saya rasa dengan adanya potensi-potensi yang dimiliki khususnya di sektor pariwisata setidaknya dapat dimanfaatkan untuk ikut berkontribusi menggerakan perekonomian bagi masyarakat,” kata Ineu.

Ineu menjelaskan, Karang Taruna sebagai agen perubahan dengan peran utamanya yaitu fasilitasi, edukasi, representasi, dan pemberdayaan. Ia berharap, peran tersebut bisa terus dilakukan.

“Karang Taruna harus bisa memberikan kreatifitas dan inovasinya bagi pembangunan desa. Apalagi dengan adanya bantuan Dana Desa, saya berharap Karang Taruna menjadi unjung tombak dalam memberikan dan melahirkan inovasi-inovasi,” ungkap Ineu.

Menurutnya, tidak sedikit desa dengan dibantu Karang Taruna dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) berproses hingga mendapatkan predikat desa terbaik.

“Hal itu saya temui ketika saya diberi kesempatan mengahadiri lomba teknologi tepat guna tingkat nasional, banyak desa-desa yang kemudian berhasil menjadi juara karena hasil dari inovasi dari karang tarunanya,” jelas Ineu.

Hadir dalam kesempatan tersebut Plt Bupati Subang, Ketua DPRD Kabupaten Subang, Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, unsur tokoh dan kemudaan Kabupaten Subang.(hms)