Pemerintahan

Jabar Terdepan Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif

BANDUNG.SJN COM,-Provinsi Jawa Barat merupakan terdepan dalam pengembangan ekonomi kreatif. Sebab, Jawa Barat merupakan satu-satunya daerah yang telah mempunyai Peraturan Daerah (Perda) tentang ekonomi kreatif. “Jawa Barat adalah provinsi terdepan dalam pengembangan ekonomi kreatif. Kenapa disebut terdepan? Karena satu-satunya provinsi yang sudah mempunyai peraturan daerah ekonomi kreatif yang UU nya sudah ada hal ini dikatakan oleh Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jabar Azis Zulfikar pada Japri (Jabar Punya Informasi) ke 63 dengan tema “Pengembangan Industri Kreatif yang diadakan di Lobby Lokantara Gedung Sate Bandung, Kamis (20/2/2020).

Lebih jauh Aziz Zufikar menuturkan bahwa “Industri Pariwisata berkontribusi dalam Industri kreatif, salah satunya ditahun ini akan membangun 12 Creative Hub dan 6 Gedung Creative Center, yaitu Kota Bogor, Purwakarta, Cirebon, Subang, Kota Bekasi, Kota Tasik. Yang akan berfungsi sebagai sarana para industry kreatif mengenai pelatihan, pembuatan film, animasi, marketing, dsb.

Sementara itu  Sekretaris Dinas KUK Jawa Barat mengusung program untuk para UMKM yang berada di wilayah Jawa Barat dengan nama UMKM Juara. Dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2019, Dinas KUK Jawa Barat telah melakukan pendampingan kepada industry kreatif sebanyak 2500 UMKM, di tahun ini direncanakan akan mencapai 3000 UMKM” Ujar Suhra.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi pengisi suara atau dubber film animasi berjudul Riki Rhino garapan sutradara Erwin Budiono.Di film yang mengisahkan tentang kehidupan seekor Badak Sumatera bernama Riki, Kang Emil berperan sebagai pengisi suara karakter bernama Grada, si Elang Jawa.

Adapun sederet selebritas nasional yang ikut terlibat dalam film di antaranya Hamish Daud yang berperan sebagai pengisi suara Riki, Ge Pamungkas (Beni), Zack Lee (Mr. Jak), Aurel Hermansyah (Bebeb), komika Cemen (Jathul), komika Mo Sidik (Bogeng), Mikhaela Lee (Rara), dan Arsyi Hermansyah (Tukik). ‘Riki Rhino’ mulai tayang di bioskop-bioskop pada 27 Februari mendatang.

(die)