Regional

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra Buka Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2023

CIAMIS.SJN COM.-Dalam upaya menjaring aspirasi masyarakat untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan melalui pendekatan partisipatif dan teknokratik, Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar forum konsultasi publik rancangan awal RKPD tahun 2023.
Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra bertempat di Aula Adipati Angganaya Bappeda Ciamis pada hari Senin, (31/01/2022).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua DPRD Ciamis, Sekretaris Daerah, Para Kepala SKPD, Para Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN/BUMD serta diikuti oleh Unsur Akademisi, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, Pimpinan Ormas dan LSM secara virtual.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Ciamis mengatakan bahwa Forum Konsultasi Publik merupakan salah satu tahapan penyusunan RKPD sebelum dilaksanakannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) tingkat Kecamatan dan Kabupaten.

“Forum Konsultasi Publik mempunyai peran yang strategis dalam menentukan arah kebijakan pembangunan daerah selama satu tahun ke depan”. Ungkap Wabup.

Menurutnya, forum ini harus dijadikan pedoman dan arah kebijakan bagi perangkat daerah termasuk pemerintah desa untuk menyusun program, kegiatan dan sub kegiatan yang selanjutnya tertuang dalam rencana kerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Wabup berharap para perangkat daerah dan desa mampu menindaklanjuti secara cermat sasaran dan target kinerja pemerintah daerah pada tahun 2023.
Sehingga perencanaan pembangunan yang akan dirancang dapat terarah serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi secara tepat dan strategis.

“Kebijakan pembangunan Kabupaten Ciamis pada tahun 2023, diarahkan untuk memantapkan pengembangan ekonomi secara luas dan menyeluruh dengan memperkuat sinergitas dengan desa yang didukung dengan investasi yang terus tumbuh dan berkembang untuk mencapai keunggulan dan daya saing daerah, ” Ucapnya.

“Berpedoman pada arah kebijakan pembangunan serta mempertimbangkan berbagai asumsi serta hasil evaluasi, maka konsep tema pembangunan Kabupaten Ciamis tahun 2023 adalah “penguatan ekonomi dan sosial masyarakat menuju kemandirian”, tambahnya.

Melalui forum konsultasi publik ini, Wabup berharap kepada para peserta agar dapat menyampaikan saran dan masukan demi terwujudnya kesamaan persepsi dan pemahaman bersama tentang perencanaan pembangunan Kabupaten Ciamis tahun 2023.

“Saya berharap agar penyusunan RKPD Kabupaten Ciamis tahun 2023 dilakukan secara profesional dan penuh tanggung jawab sehingga dapat menghasilkan perencanaan yang berkualitas, lebih produktif serta dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Kabupaten Ciamis”. Harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, H. Tatang dalam laporannya mengatakan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) adalah dokumen perencanaan untuk periode satu tahun, yang memuat penjabaran dari RPJMD tahun 2019-2024.

“RKPD tahun 2023 merupakan tahun keempat pelaksanaan RPJMD tahun 2019-2024”. Imbuhnya.(Zanel)

Diterangkan Sekda, RKPD mengacu kepada visi misi bupati dan wakil bupati, RPJPD Kabupaten Ciamis tahun 2005-2025, RPJMD tahun 2019-2024, prioritas dan tema RKP tahun 2023, serta arah kebijakan pembangunan Provinsi Jawa Barat tahun 2023.