Pemerintahan

JALAN RAYA CILEDUG – BATAS JATENG DIRESMIKAN RIDWAN KAMIL : INFRASTRUKTUT PENTING DALAM PERCEPATAN PEMBANGUNAN.

CIREBON.SJN COM.-Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan peningkatan dan pelebaran ruas jalan Ciledug-Batas Jateng (Bantarsari) (jl. Kapten Tendean), Jum’at (4/2) dengan panjang 1,21 km ,lebar 12 meter dan menghabiskan anggaran rp. 9,7 milyar.

Gubernur Jawa Barat yang akrab dipanggil Kang Emil dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah Jawa Barat menyadari pentingnya peranan infrastruktur dalam mendorong percepatan pembangunan. “Jaringan jalan yang baik merupakan prasyarat dalam pengembangan pembangunan wilayah maupun sekaligus faktor penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang memungkinkan adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat,: ujar Kang Emil.

Sarana transportasi , lanjutKang Emil memegang peranan vital dalam aspek sosial ekonomi melalui fungsi distribusi antara daerah satu dengan daerah yang lain.
“Semoga dengan penanganan jalan provinsi ini dapat memberikan konstribusi yang besar dalam pembangunan nasional dan Jawa Barat,” pungkas Kang Emil.

Sebelumnya dalam laporannya Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirttoyuliono, mengatakan bahwa Peningkatan ruas jalan Ciledug Jabar sampai Batas Jateng baru sebagian kecil yang dilakukan,karena masih ada ruas jalan sepanjang 1.210 km yang mempunyai nilai strategis menunjang pengembangan ekonomi dan aksebilitas wilayah perbatasan sehingga akan terus dilakukan pemeliharaan dan perbaikan.

Pada tahun 2021 telah dilakukan penambasan kapastias jalan yang asalnya lebar 6 menjadi 12 meter sepanjang 355 meter , 6 meter menjadi 10 meter sepanjang 855 m, pelapisan hotmix 2 lapis 1.210 m, pelebaran jembatan ciledug wetan dan ciledug lor dari 9 jadi 12 meter. “Selain itu dilakukan penataan trotoar sepanjang 1.210 m, pemasangan lampu PJU, penanaman pohon, relokasi tugu perbatasan,” ujar Kadis.

Dalam kesempatan peresmian Gubernur Jawa Barat menyerahkan secara simbolis kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada 2.600 pegawai harian lepas (PHL) di lingkungan Dinas BMPR. Diikutsertkannya para PHL dalam program BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi para pekerja tersebut.

Hadir dalam peresmian Bupati Cirebon, H. Imron, dan Forkopimda Kabupaten Cirebon , Wakil Bupati Brebes, Sekdis PU dan Cipta Karya Prov Jateng, Ka. BPJS Kab. Cirebon Dedi Supriadi, Camat Ciledug, dan para Kepala Desa., Dari Dinas BMPR hadir para pejabat 3 dan 4 serta pejabat fungsioanl. (die)