Pendidikan

KCD Wilayah III Luncurkan Program One Week One Juz (OWOJ)

Kabupaten Bekasi.Swara Jabbar Com.-Dilatarbekakangi ingin membudayakan membaca Al-Qur’an, Kepala Cabang Dinas (KCD) Wilayah III Asep Sudarsono, meluncurkan program One Week One Juz (OWOJ).

Lebih jauh Asep mengatakan, OWOJ ini diluncurkan sebagai upaya agar lingkungan sekolah yang meliputi pengawas, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK-SMA, sejumlah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) hingga guru di Kota dan Kabupaten Bekasi.

“Jadi, mereka bisa rutin membacanya. Dan selain itu, mereka juga bisa mengkaji, dipahami kandungan Al-Qur’an yang dibacanya sehingga bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya beberapa waktu lalu.

“Kami ingin mereka menjadikan budaya membaca Al-Qur’annya, sehingga bukan hanya diucapkan secara lisan saja, tetapi juga diyakini di dalam hati dan diamalkan melalui perbuatan,” jelasnya menambahkan.

Ia mengatakan, OWOJ ini diperuntukan bagi guru atau Kepala Sekolah yang beragama Islam agar membaca kitab sucinya secara rutin.

“Al-Qur’an adalah kitab suci dan petunjuk bagi umat muslim. Jadi, sudah kewajibannya untuk dibaca,” tegasnya.

Ia pun berharap, budaya membaca Al-Qur’an ini selain bisa dilestarikan di lingkungan sekolah, juga bisa diimplementasikan di lingkungan tempat tinggal mereka.

“Besar harapan kami, hal ini bukan hanya dibudayakan di lingkungan sekolah saja, tetapi juga di lingkungan tempat tinggalnya,” pungkasnya. (die)