Pendidikan

KCD II Jabar Berikan Motivasi Bagi Guru SMKN 2 Depok

Depok.Swara Jabbar Com.-Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah II Jawa Barat (Jabar), I Made Supriatna.memberikan pembinaan kepada Guru-guru SMKN 2 Depok beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan tersebut, Made memaparkan tentang investasi diri yang berguna untuk tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Maksud dari investasi diri, yakni guru yang terbuka, adaptif, selalu pemula, berintegritas, dan bercitra positif.

Lebih jauh Made menjelaskan, yang dimaksud dengan terbuka yakni bersikap positif terhadap ide, argumen, saran, kritik, umpan balik dan informasi. Jadi, saat ada perubahan dan perkembangan terjadi dengan cepat seperti saat ini, penting untuk berani keluar dari zona nyaman, mencoba perspektif dan ide lain.

“Memang tidak mudah, terbuka terhadap ide dan pengalaman baru berpotensi mendatangkan kebingungan dan kebimbangan, terutama bila ada ketidakselarasan dengan sesuatu yang terlebih dahulu kita yakini kebenarannya,” katanya.

Sedangkan untuk menjadi selalu pemula perlu banyak belajar dan menyesuaikan diri, inilah yang harus terus ada. Karena merasa butuh banyak belajar dan berusaha menyesuaikan diri dengan keadaan.

“Lalu untuk adaptif, harus tanggap dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat. Jadi, harus bisa beradaptasi dengan cepat. Sehingga, kemampuan adaptif itu penting,” katanya.

Lebih jauh Made menegaskan untuk hal berintegritas sangat diperlukan mengemban tanggungjawab dan menunaikan suatu kewajiban. Ini adalah bentuk dari komitmen, kejujuran, dan konsistensi. Jadi, guru yang berintegritas tidak berfikiran sempit, selalu termotivasi dan terlihat selalu bersemangat menjalani hari.

“Bercitra positif juga penting untuk guru, yakni kemampuan seseorang dalam menyelesaikan tugas dan mengembangkan diri dipengaruhi pandangan terhadap kemampuannya sendiri,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 2 Depok, Yudi Hernawan mengatakan, pembinaan yang dilakukan KCD Wilayah II Jabar menjadi penyegaran untuk guru di SMKN 2 Depok.
“Sehingga lebih bersemangat dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab,” jelasnya. (die)