Desa Cangkingan Indramayu Desa Pertama di Jawa Barat dapat Cetak KTP el Cukup di Desa

Indramayu.Swara Jabbar Com.-Desa yang sudah tercatat sebagai desa digital dan menerapkan salah satu program unggulan Bupati Indramayu yaitu desa lebu digital (Le-Dig) pada selasa (01/03/2022) telah di lakukan uji coba pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP elektronik) di Desa Cangkingan yang di dampingi langsung oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu H. Moh. Iskak Iskandar. S.Sos.,MM. dan kepala Desa Cangkingan Didi Wahyudi, serta perangkat desa yang ikut serta memperhatikan bagaimana cara mengaplikasikan sebuah alat pembuatan serta percetakan KTP elektronik.

Dengan uji coba tersebut maka nanti pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP el) dapat di lakukan di Desa Cangkingan, tanpa perlu harus hadir ke Kantor Kecamatan Kedokanbunder. Bagi masyarakat yang nanti hendak membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP el) dapat langsung mendatangi balai Desa Cangkingan dengan membawa persyaratan KTP elektronik yaitu:
1. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
2. Kartu pengantar dari Desa

Bukan hanya pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP el) saja, Desa Cangkingan dapat melakukan pembuatan Kartu Keluarga (KK) dengan ketentuan Kartu Keluarga (KK) yang hilang atau rusak dan penambahan anggota keluarga berusia 0-10 tahun yang di mana data persebut tidak ada perubahan dari Kartu Keluarga (KK) sebelumnya.  Pencetakan Akta Kelahiran dan Akta Kematian yang sudah di ajukan di Disdukcapil Kabupaten Indramayu. Dan Pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA).

Dengan Pembuatan KTP el, KK, KIA dan Pencetakan Akta Kelahiran dan Kematian yang dapat di lakukan di desa, dapat memotong alur birokrasi yang biasanya harus melalui kecamatan serta kantor Disdukcapil. Maka dari itu Pemerintah Desa Cangkingan berharap dapat mempermudah masyarakat desa Cangkingan dalam pengurusan pembuatan KTP elektronik, KIA, KK, Akta Kelahiran dan Kematian.

Desa Cangkingan membuat peluang baru dimana jaringan dan pelayanan yang dapat ditingkatkan melalui teknologi digital. Dengan dipercayainya untuk pembuatan dan percetakan KTP el yang bisa dibuat langsung dikantor Desa Cangkingan ini dapat mempermudah hingga lebih cepat proses pembuatannya untuk masyarakat Desa Cangkingan yang ingin membuat KTP el. Dalam hal ini bertujuan untuk membuat Desa Cangkingan yang lebih maju dan inovasi dimana akses masyarakat desa terhadap informasi dan pelayanan desa dapat mudah diakses dan disampaikan dengan cepat dan tepat. (Kimang)

 


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.