Olahraga

Bupati Bandung Berharap Persikab Bangkit Seperti Era tahun 90 an dan Prestasi Olahraga Bangkit Hingga Tingkat Desa

Kab Bandung.Swara Jabbar Com.-Bupati Bandung, H.M. Dadang Supriatna serius ingin membangkitkan dunia olahraga di Kabupaten Bandung. Salah satu upaya keseriusannya tersebut adalah dengan memberi motivasi kepada KONI Kabupaten Bandung agar Kontingen Kabupaten Bandung mampu masuk tiga besar dalam Porprov Jabar 2022.

Selain itu, bentuk keseriusan Bupati Bandung kepada dunia sepakbola, Beliau telah menswastanisasikan Persikab yang tadinya menggunakan anggaran APBD Kabupaten Bandung, kini sudah murni dikelola pihak swasta dengan nama PT. Persikab Bandung Bebas ( PBB ).

Kini Persikab lolos ke Liga dua, dari Liga Satu, hanya hitungan beberapa bulan semenjak Bupati Bandung mulai serius menangani.

“Saya sangat berharap Persikab seperti pada era tahun 1996, dimana tim Kebanggaan Kabupaten Bandung ini mampu berlaga ke Liga Utama PSSI, kakau sekarang namanya Liga 2,” harap Bupati Dadang Supriatna.

Saya, tutur Dadang Supriatna, masih ingat ada beberapa pemain tangguh yang ada pada saat itu, seperti Haryanto, Penjaga Gawang Jajang Sinar Surya, Dadang Sutisna, Agus Salam, Edi Sutisna Junaesi Dwi R, Ade Sanda, Budi Permadi, Agustyan Indra, Encang Ibrahim, Isep Unang Suryaman, Uut Kuswendi, Deden R.A., Suladi, Zaenal Mutaqin, Udin Samsudin, Anton Hermawan, dan Risdiyanto.

Dan pada saat itu, pelatih yang sukses membawa Persikab hingga mampu berlaga di Liga Utama adalah Ishak Nurdin.

Tidak itu saja, lanjut Bupati Bandung, pembinaan olahraga juga tidak hanya fokus kepada pembinaan prestasi, namun juga di tingkat Kecamatan digelar event Piala Bupati Cup, dimana event ini meliputi diantaranya bola volley, bulutangkis, futsal, sepak bola dan tenis meja.

“Kejuaraan ini sudah dilakukan dengan melibatkan atlet desa di 31 Kecamatan di Kabupaten Bandung pada tahun 2021 lalu, dan saat final dilaksanakan di SOR Jalak Harupat, ” Jelas Dadang Supriatna.
Dengan adanya Piala Bupati Cup, Bupati berharap muncul atlet-atlet Kabupaten Bandung yang berasal dari daerah Kabupaten Bandung sendiri.
Dadang juga berharap kepada Dispora Kabupaten Bandung, agar event tersebut bisa dilaksanakan setiap tahun dengan jumlah cabang olahraganya bertambah.(Dian S)