Pemerintahan

Keberadaan Area Traffic Control System (ATCS) Bisa Mengurai Kemacetan Lebaran Idulfitri 1443 H.

Bandung.Swara Jabbar Com.-Dishub  Jabar bersama Wagub Jabar, Uu Rhuzhanul Ulum juta meresmikan progres pembangunan terminal tipe B di Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon. Kemudian, unit respons cepat (URC) Dishub Jabar yang berkolaborasi dengan 27 daerah juga diluncurkan.Kamis (31/3/2022).

Kepala Dishub Jabar A. Koswara menuturkan Keberadaan Area Traffic Control System (ATCS) baru di Kabupaten Subang, Sumedang, Bandung Barat dan Ciamis diklaim akan mengurai kemacetan lebaran Idulfitri 1443 H.

“Alhamdulillah untuk jalur selatan dengan selesainya pembangunan ATCS ini sangat membantu untuk mudik terutama untuk jalur yang ke arah timur dam selatan,” kata Kepala Dishub Jabar A. Koswara di Command Center,

Ia menjelaskan,  ATCS berfungsi untuk mengendalikan kepadatan arus lalu lintas berdasarkan kalkulasi berbasis teknologi sehingga pengaturan arus lalu lintas bisa optimal berdasarkan beban yang dilaluinya.

“Traffic light nantinya bisa optimal. Diatur berdasarkan beban lalu lintas, nanti trafick akan menyesuaikan,” tutur Koswara.

Ia mengaku ATCS sudah diterapkan di kota besar seperti, Kota Bandung serta wilayah aglomerasi Bodebek. Sehingga, kata Koswara,  ke depannya beberapa daerah yang telah memiliki ATCS akan saling terintegrasi.

“Supaya menjadi sebuah sistem yang bisa saling mendukung,” pungkasnya.

Koswara menambahkan, empat ATCS itu bersumber dari bantuan keuangan Pemprov Jabar dari tahun 2020 dan 2021 silam. Sedangkan, pembangunan ATCS untuk tahun ini akan dibangun di empat sampai lima daerah lainnya.(die)