Pemerintahan

Sambut Ramadan, Ngatiyana Ajak Semua Warga Kota Cimahi Pererat Persatuan Dan Solidaritas

Ciimahi.Swara  Jabbar Com.-Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengajak  segenap umat islam di Kota Cimahi untuk menyambut bulan suci ramadhan 1443 hijriah dengan penuh syukur. Suasana warga Kota Cimahi yang majemuk namun kental dengan persaudaraan yang rukun dan damai turut mendukung pembangunan di Kota Cimahi.

“Atas nama pribadi, keluarga, dan Pemerintah Kota Cimahi, kami mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1443 hijriah kepada seluruh umat Islam di Kota Cimahi,” ujarnya.

Sebagaimana kita ketahui bersama, kata Ngatiyana bahwa bulan suci ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat dengan berbagai kelebihan dan keutamaan yang besar, karena merupakan bulan pengampunan, bulan dimana pahala dilipatgandakan, dan bulan berkah bagi umat islam.

Disamping itu juga, bulan suci ramadhan merupakan perwujudan rasa solidaritas yang tinggi kepada umat, dan rasa ukhuwah. Sekaligus, sebagai momentum yang tepat untuk meningkatkan kualitas keimanan, memperkuat ketaqwaan, menimbulkan rasa cinta kepada keadilan dan persamaan derajat umat manusia dalam menjalankan kewajiban dan memperoleh hak, memperbanyak amalan, serta mempererat ukhuwah dengan sesama muslim dan umat manusia.

“Hal ini hendaknya teraktualisasi dalam perbuatan amal, seperti memberikan sedekah kepada fakir miskin, dan menyantuni anak yatim, serta perbuatan baik lainnya, serta peningkatan etos dan kinerja,” katanya.

Lebih jauh dikatakan Ngatiyana, penguatan pemahaman nilai-nilai moral dan religius merupakan aspek yang sangat penting dan signifikan dalam memberikan sumbangsih positif, terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam dimensi keutuhan jasmani maupun rohani.

“Karena itu, melalui ibadah puasa di bulan suci ramadhan 1443 hijriah ini, kami mengharapkan seluruh umat islam dapat meningkatkan kualitas iman dan taqwa, serta termotivasi untuk mengaplikasikannya dalam setiap aspek hidup dan kehidupan. Kami mengharapkan, agar umat islam dapat tampil terdepan menjadi figur pelopor pemersatu yang membentengi diri dengan keyakinan iman yang kokoh dan nilai-nilai religius. Mari kita sama-sama saling mendo’akan, saling membantu dalam ketulusan, saling menghormati, dan menghargai berbagai perbedaan. Jagalah kerukunan yang sudah kita bina selama ini sambil tetap waspada terhadap berbagai ancaman yang dapat mengganggu indahnya kebersamaan yang telah terbina baik selama ini,” tuturnya.

Pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada tokoh-tokoh agama dan seluruh warga Kota Cimahi yang telah memberikan kontribusi positif dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang rukun dan damai. Sehingga berbagai kebijakan dan program di bidang pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan dapat berjalan dengan baik, serta kota cimahi senantiasa dalam keadaan yang aman dan kondusif. “Tentunya, kami mengharapkan, kiranya kita semua dapat mendukung lewat do’a dan partisipasi aktif untuk membangun Kota Cimahi agar lebih baik lagi,” paparnya.

Meskipun bulan Ramadan tahun ini masih dalam kondisi pandemi covid-19, namun pihaknya percaya bahwa Allah SWT tidak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan. “Tentunya saat pandemi ini harus tetap optimis dan semangat bahwa Allah SWT akan menolong kita, sehingga kita semua akan bebas dari pandemi ini, kita semua dapat hidup seperti sediakala bahkan mungkin kita akan lebih bijaksana karena kita punya pengalaman dapat keluar dari cobaan pandemi ini,” tutur Ngatiyana.***