Regional

Alumni Chiao Chung Bandung, Tjutju Widjaya Menjalin Silahturahmi dengan Sahabat Lama

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Widjaya

友谊不能因为它是一个不同的城市而被打破
Yǒuyì bùnéng yīnwèi tā shì yīgè bùtóng de chéngshì ér bèi dǎpò artinya persahabatan tidak boleh putus hanya karena beda kota.
Sekitar tahun 1900an di Kebon Jati Bandung berdiri Sekolah Chao Chung (setingkat SMA untuk masyarakat Tionghoa) Warga Tionghoa Bandung sekolah disana. Menurut Tjutju Widjaja dan Yani Chandra Sekolah Chao Chung dulu di Kebon Jati kini menjadi Rumah Sakit Santosa Kebon Jati Bandung. Salah satu guru yang diingat oleh Mereka yaitu Wu Tjing Ming

Tjutju Widjaya dulu Sekolah Chao Chung tahun 56-58.
Minggu 24 April 2022 disaat sibuk mengurus untuk pameran lukisannya Tjutju Widjaya menyempatkan diri untuk bertemu dengan kedua kawannya di Hotel Borobudur Jakarta untuk bertemu dengan Chi Yin(Yani Chandra) dan Tju Mei.

Chi Yin(Yani Chandra) dan Tju Mei kini tinggal di Jakarta tetapi mereka tetap menjalin persahabatan, mereka dulu saling telpon telponan, kini berhubungan lewat WA. Chi Yin (Yani Chandra) dan Tju Mei menyatakan kekagumannya kepada Tjutju Widjaya yang dapat meraih gelar S3, dan mereka kagum sama semangat Tjutju Widjaya tidak kenal menyerah dalam pendidikan dan berkarya. Pertemuan mereka 4 tahun yang lalu ketika suaminya Tjutju Widjaya meninggal dunia.

Menurut mereka persahabatan jangan melihat dari duit, jabatan dan kepentingan, persahabatan harus tetap terjalin erat dan bersatu meskipun tidak ada uang, tidak ada jabatan dan tidak ada kepentingan, persahabatan harus tetap terjalin erat dan bersatu. Dalam persahabatan harus senasib sepenanggungan, saling mendukung dan saling menopang kata mereka.
Dulu mereka berempat tetapi Shen Wen Cu tinggal di Taiwan.
Usia mereka kini sudah 81 tahun tetapi mereka tetap semangat dan optimis dalam menjalani kehidupan.