Regional

Berasa Hari Raya Melaksanakan Sholat Fajar Di Mesjid Al-Falah Cijoho-Kabupaten Kuningan

Kuningan,Swara Jabbar Com,-Masya allah Ada nuansa yang luar biasa di Masjid Al-Falah Kelurahan Cijoho, Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan.
Ketika Suara Adzan berkumandang warga berbondong-bondong dan kompak datang ke Masjid untuk menunaikan  Shalat Fajar, Minggu (12/3/2022).

Kegiatan yang luar biasa ini berlangsung tiap hari Minggu, sehingga terasa seperti Hari Raya Idul Fitri.
Bupati Kuningan H. Acep Purnama, MH usai melaksanakan shalat berjamaah di masjid tersebut  menuturkan, merasa kagum dan bangga sekali melihat  Warga Cijoho yang berbondong -bondong  kompak melaksanakan ibadah Sholat fajar di Masjid Al-Falah, Sungguh membuat terharu,”Tururnya.

Semoga langkah untuk memakmurkan masjid seperti ini, akan menjadi contoh juga di masjid yang lainnya, Dengan shalat berjamaah, bukankah ini sesuatu yang baik dari yang terbaik.

Apalagi menunaikan Shalat fajar berjamaah banyak  keutamaan, misalnya  mendatangkan keberkahan.

“Berdasarkan  hadis Rasulullah SAW. Keutamaan Shalat Subuh berjamaah yang pertama adalah dapat mendatangkan keberkahan. Karena  Sholat fajar merupakan salah satu aktivitas di pagi hari yang didoakan oleh Rasulullah SAW “Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibn Majah).
Untuk itu,  sebaiknya kita  tidak menyia-nyiakan waktu Shalat Subuh,” ungkap Bupati Acep.

Lanjut Ketua DKM Al-Falah H. Maman Hermansyah menyampaikan, untuk bangunan masjid sudah bagus dan bersih,  jauh lebih penting yang harus kita lakukan bersama, yaitu memakmurkannya. Salah satunya melalui shalat subuh berjamaah.
“Timbulnya minat masyarakat untuk shalat di masjid tak lepas dari kerja bareng dengan  pengurus mushola yang tersebar ditiap lingkungan, dengan mengundang  Jamaah Shalat Subuh.

Kemudian Pihak DKM Al-Falah mengajak  supaya tiap hari minggu melaksanakan Sholat Subuh berjamaah di masjid kelurahan,”paparnya.

Ketua DKM menambahkan, bahwa Masjid Al-Falah disiapkan  muadzin terbaik untuk menyambut Warga Cijoho dan Imam dengan bacaan terbaik, Usai mendirikan shalat diisi juga dengan siraman qolbu atau Kultum, Alhamdulillah hari ini Pak Bupati bisa mengisi.

Selain menunaikan beribadah shalat,  warga yang datang mendapatkan voucher makanan senilai Rp5.000,-. Dan Pihak DKM sudah menyiapkan 500 voucher, tapi yang datang lebih, Untuk makanan disediakan oleh pelaku usaha kecil yang ada di Kelurahan Cijoho.

Untuk voucher, diterangkan Maman, ini merupakan  sumbangan dari para Dermawan dan pihak DKM. Kita berharap dengan memakmurkan masjid di waktu subuh akan meningkatkan dan  mempertebal keimanan dan ketaqwaan.
Selain itu, pihak DKM pun berikhtiar  membangkitkan ekonomi dengan memasarkan kuliner UMKM di lingkungan  halaman masjid. Dan menjadi ladang beramal bagi yang mampu dengan menyediakan voucher,”Tutupnya.

(Maman R/Deden Sudiana)