Parlementaria

Tina Wiryawati Tebar Benih Ikan Untuk Kemandirian Ekonomi.

Kuningan. Swara Jabbar Com.-Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam ikan, yaitu asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Selain itu, ikan juga memiliki sedikit lemak jenuh, protein yang tinggi, vitamin D, kalsium, yodium, dan berbagai nutrisi penting.
Lebih jauh Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Tina Wiryawati menuturkan Ikan merupakan bahan pangan yang banyak digemari, karena kaya akan vitamin A. Secara mendasar ikan memiliki protein hewani yang sama dengan daging sapi.

“Namun, kelebihan ikan adalah memiliki kandungan total lemak yang paling rendah dibandingkan sumber protein hewani lainnya dan nutrisinya sangat mudah diserap tubuh,” kata Tina kepada media beberapa waktu lalu.

Pihaknya bersama Tim Tina Wiryawati Center (TWC) melakukan kegiatan pembagian benih ikan di 80 lokasi di daerah Dapil Jabar XIII yakni Kabupaten Kuningan, Ciamis, Banjar dan Pangandaran.
“Saya berharap dengan pembagian ikan untuk para kelompok petani ikan adalah bagian dari kemandirian ekonomi dan ketahanan pangan di masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Ketua Koordinator TWC Kabupaten Kuningan, Katon Prabowo mengatakan, pembagian benih ikan ini merupakan wujud aspirasi masyarakat kepada Anggota DPRD.

“Bibit ikan nila sebanyak 2.000 ekor untuk satu kelompok tani rikat di Desa Cijagamulya ini atas permintaan dari kelompok tani kepada ibu Hj Tina Wiryawati Anggota DPRD Provinsi Jabar XIII Fraksi Gerindra,” kata Katon.

Ia menjelaskan, kegiatan ini juga tidak hanya dilakukan di satu desa atau satu kelompok. Akan tetapi dilakukan di 80 lokasi di empat kabupaten/kota.

“Betul, jadi ini tidak hanya di Kuningan saja. Tapi juga di kabupaten kota yang lain, seperti Ciamis, Banjar dan Pangandaran. Mudah-mudahan bisa mewujudkan ketahanan pangan di masyarakat dan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19,” jelasnya.

Terpisah, kepala Desa Cijagamulya Kecamatan Ciawigebang Eka Sukaswara menyampaikan terimakasih sudah membawa benih ikan untuk kelompok tani rikat.

“Alhamdulillah mudah-mudahan bermanfaat bagi kelompok tani ikan Rikat Cijagamulya, dan ikan sudah ditebarkan di kolam yang ada di sini, mudah-mudahan ibu Tina sehat selalu dimudahkan rizkinya,” ucapnya. (die)