Regional

MALAM TASYAKURAN KELAHIRAN BUNG KARNO AKLAMASI KIRIMI SURAT JOKOWI

Kediri.Swara Jabbar Com.-Berbagai perwakilan organisasi dan komunitas dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI Jakart hadir pada tasyakkuran Hari Pancasila dan Harlah Bung Karno Ke-120 dirumah masa kecil Presiden RI Situs Ndalem Pojok Persada Sukarno Ds. Pojok Kec. Wates Kab. Kediri. Malam bersejarah itu mereka bersepakat untuk mengirim surat kepada Presiden Jokowi dan lembaga tinggi negara yang lain. Minggu- Senin, 05-06 Juni 2022.

Tujuannya memohon kepada Presiden RI, Panglima TNI, Kapolri dan MPR RI untuk bersama-sama seluruh rakyat Indonesia mendoakan Konferensi Tingkat Tinggi G-20 dan Pemilu serentak 2024  berjalan selamat dan sukses.

Permohonan ini disepakati secara aklamasi dihadapan Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri, Perwakilan Polres Kab. Kediri serta undangan yang lain. Beberapa saat diujung sarasehan kebangsaan menjelang acara puncak doa bersama yang bertema “Yakin Keajaiban Tuhan YME. Indonesia Imam Perdamaian Dunia. Suksekan G-20 dan Pemilu Serentak 2024 dengan Doa Lintas Agama dan Keyakinan”.

“Kami sangat bersyukur kepada Allah Tuhan Yang Maha Berkah dan Maha Rahmat atas keajaiban semalam. Tidak menyangka  semua tiba-tiba bersepakat secara aklamasi. Saya sampai meneteskan air mata, kami yakin hal ini tak lepas karena kehendakNya,” aku Suhardono, SE Ketua Panitia. Senin, 06 Juni 2022.

“Tidak hanya dari Kediri dan Jawa Timur ada dari Pekalongan, Cirebon, Bogor, Bekasi hingga Jakarta,” tambah Suhardono.

Nampaknya semangat menghidupkan, menjadikan jaya dan lestari Pancasila inilah yang mendorong munculnya usulan itu. Terlebih setelah Sekjen DPD PCTA Indonesia membawakan yel-yel Pancasila.

“Mari semua berdiri. Kalau saya meneriakkan Pancasila mohon dijawab, hidup, sambil tangan didada. Kedua saya terikkan Pancasila, jawab jaya, sambil tangan mengepal keatas. Ketiga  saya teriakkan Pancasila, jawab lagi, lestari, sambil jari-jemari direkatkan,” ajak Drs. Ismu Syamsuddin seketika semua mengikuti dengan kompak.

“Pancasila ini bukan hanya untuk Indonesia, Pancasila juga untuk mencapai perdamaian dunia. Sebagaimana amanat UUD 1945. Sejarah juga membuktikan 30 September  1960 Pancasila dikumandangkan oleh Presiden Soekarno di PBB untuk membangun dunia baru. Ini isyarat memang Pancasila senjata ajaib untuk pendamai dunia,” tandas Kushartono  nara sumber sarasehan Harlah Bung Karno Kediri dari Departemen Pendidikan PCTA Indonesia.

Ditambahkan KTT G-20 di Bali adalah kesempatan tepat untuk membuktikan betapa hebat dan saktinya Pancasila.
“Kita  semua harus benar-benar mengambil monentum istimewa ini dengan dasar merah putih, berani dan suci. Ini dunia menunggu Indonesia. Kemudian kita bantu bersama-sama, seluruh rakyat Indonesia dan semua pejabat pusat hingga daerah harus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama dan keyakikan,” ujar Pria yang juga Ketua Harian Persada Sukarno Kediri.

“Kalau bisa doa dilakukan setiap hari sampai menjelang pelaksanaan G-20,” usul Sutomo asal Sidoarjo menyela.

“Memang betul, kami menyakini berdasarkan UUD 1945 Alinea Ketiga. Hanya dengan Berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan  keinginan luhur, ikhtiyar dengan  sungguh-sungguh maka Presidensi  KTT G-20 pasti selamat dan berhasil. Yakin Indonesia imam perdamaian dunia,” tegas I Dewa Nyoman S Hartana Ketua Umum DPP PCTA Indonesia.

Sebelumnya pada  tasyakuran Harkitnas ada 20 lembaga dan komunitas  bertanda tangan sepakat doa bersama sukseskan  KTT G-20 dan Pemilu 2024 kemudian ditindaklanjuti bersepakat untuk melayangkan rekomendasi ajakan doa bersama kepada pemerintah tingkat Kabupaten Kediri.

Diantara lembaga yang bersepakat itu adalah Situs Ndalem Pojok, DPP PCTA Indonesia, DPD ORSHID Kabupaten Kediri, PALM Kediri, Gusdurian Peduli (Lereng Kelud),  DPD OPSHID Kediri, TPQ Cinta Tanah Air, PAC ANSHOR Wates, Ahmadiyah Kediri, PDKK Kediri, PHK2 Kediri, BTS 88 Kediri, DPD PCTA Indonesia Jatim, Hakim LC, Sanggar Jampi Sae, Patembayan Jawadipa,  Studio Musik Luki dan JKPHS Kediri.

“Nah malam ini alhamdulillah  meningkat lagi rekomendasinya sampai tingkat pusat. Ajakan doa bersama sampai Presiden RI, Panglima TNI, Kapolri dan MPR RI. Bergotong royong demi suksesnya G-20 dan Pemilu 2024,” ujar Miftachul Asrori dari Hakim LC yang bertindak selaku Moderator.

Agenda tasyakuran Hari Pancasila dan Harlah Bung Karno di Kediri berlangsung skaral dan meriah. Seiring hujan rintik-rintik ratusan orang memadati dari siang hingga malam hari. Semarak gelar seni budaya, pengobatan gratis, santunan anak yatim, diskusi kebangsaan, doa bersama dan selamatan.
Dengan pertunjukan teater Sanggal Ogal-Agil dan teater Merah Putih, pegelaran tari dan karawitan Sanggar Sasono Panji Saputro serta Sanggar Ganapati Kusuma Laras. Tembang mocopat persembahan sesepuh Blitar, pentas musik Beautiful Band dan lukis spektakuler Sonny Yuliono Blitar. Selain itu ada  pengobatan gratis klinik dr. Vitis Grogol, Terapi Jampi Sae, Patembayan Jawadipa Daha, Bio Energi Mbak Karso, Terapi Ki Joko Wiguno.

“Alhamdulilah acara sukses. Luar biasa semangat, perjuangan dan pengorbanan teman datang berbagai daerah,” pungkas Lukito Sudiarto Sekrataris Panitia.*