Regional

Kades Godog : Budi Daya Jamur Tiram Bisa Menjadi Salah Satu Solusi Meningkatkan Penghasilan Warga

Garut.Swara Jabbar Com.-Dalam meningkatkan penghasilan warga, Kades Godog, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Agus komarudin bersama BPD, LPM, RT/RW dan para tokoh masyarakat sepakat untuk memilih budi daya jamur Tiram dalam program ketahanan pangan.

Program ketahanan pangan sendiri merupakan program yang diwajibkan pelaksanaannya disetiap Desa, dimana sumber anggaran dananya berasal dari alokasi Dana Desa tahun anggaran 2021 sebesar 20%.

Dalam pemilihan budibaya jamur tersebut menurut Agus Komarudin sudah menjadi keputusan bersama untuk kemajuan perekonimian warga Desa Godog.

“Jadi dalam program ketahanan pangan ini kita harus cermat dalam pelaksanaannya, selain nilai positifnya kita juga harus cermat mengatasi resiko negatifnya, jadi kita cari yang resiko negatifnya paling mimin, dan setelah kita berembuk semua unsur kelembagaan desa dan para tokoh masyarakat kita sepakati bersama bahwa budidaya jamur tiram menjadi pilihan dalam program ketahanan pangan,” ucap Agus Komarudin saat meninjau persiapan pembangunan tempat budidaya jamur tiram, Rabu (15/06/2022).

Selain itu Agus Komarudin menjelaskan bahwa budidaya jamur sudah dalam pertimbangan bersama.

“Untuk budidaya jamur tersebut sudah kita fikirkan matang-matang, mulai dari pengadaan baglog (Media jamur tumbuh), badlog gagal tumbuh, mengatasi baglog gagal produksi sampai, perawatan baglog selama produktif sampan pemasaran jamur sudah kita konsep bersama, oleh karena itu nanti kita siapkan sebanyak 40.000 baglog, untuk dikelola warga,” terangnya.

Agus Komarudin berharap dengan adanya budidaya jamur tersebut bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan perekonomian warganya dan bisa berkembang,” pungkasnya. (ASEP ABO)

(SUMPENA)