Regional

3 Jenis cinta kasih

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

14 Februari tiap tahun diperingati sebagai hari Valentine, Titik Puspa menciptakan lagu jatuh cinta berjuta indahnya. Amboi rasanya. Duh asyiknya jatuh cinta.

Ada pepatah berkata jangan kau nasehati orang yang lagi jatuh cinta, karena mereka tidak peduli dengan nasehat mu, dan akibatnya kau akan dimusuhi. Hal ini saya alami ketika saya nasehati ABG yang jatuh cinta mengakibatkan saya dimusuhi dan dijauhi oleh ABG tersebut. Begitu juga di tahun politik ketika kita nasehati orang yang jatuh cinta pada idolanya baik itu Capres atau parpol.

Jatuh cinta membutakan logika. Tidak realistis. Pacar dan idolanya bagaikan tokoh super hero yang dapat membahagiakan kehidupan nya. Sesudah rasa cinta itu hilang, sesudah dikecewakan baru disadari, baru tahu kelemahan pasangannya.

Banyak kawan saya yang sudah menikah curhat tentang pasangannya sesudah menikah terutama yang sudah menikah lebih dari 5 tahun. Ada juga yang berkonfllik ketika pernikahan baru 1 tahun. Cinta membutakan logika, karena cinta berawal mula dari kekaguman dan kelebihan pasangan, tidak melihat kelemahan pasangan. Bisa karena wajah, kedudukan dan kekayaan. ABG harus membedakan Mencintai atau sekedar jatuh cinta, jika hanya sekedar sekedar jatuh cinta tidak kekal.

Ada 3 jenis cinta kasih didunia berdasarkan filsafat Yunani. Yaitu Eros, Philia dan Agaphe. Kita bahas satu demi satu
“Agape merupakan cinta yang tulus. Cinta ini tidak berdasarkan muka, status sosial, tidak berdasarkan kekayaan cintanya Tulus, cinta orang tua kepada anak-anak nya adalah cinta Agaphe, Cintanya Sang Pencipta kepada Manusia. Dapat kita lihat dari ciptaan Nya.

Cinta Philia adalah cinta persahabatan ini tidak tulus, cintanya berdasarkan kepentingan, selama menguntungkan, dan tidak merugikan bisa menjadi sahabat, cinta philia adalah cintanya pebisnis dan cintanya politikus, cintanya demi kepentingan bisnis dan politik. Kong Hu Cu berkata Seorang yang hanya mengejar keuntungan saja, niscaya banyak yang menyesalkan.

“Eros adalah cinta seksual, yang didasarkan pada nafsu/birahi” Cinta karena wajah yang cakep ganteng,ayu, manis anggun dan cantik, kaya dan memiliki jabatan.Tidak tulus.

Kong Hu Cu berkata Manusia ren artinya manusia penuh cinta kasih jika ingin mengukuhkan diri sendiri harus mengukuhkan orang lain terlebih dahulu membantu orang lain untuk menjadi terkenal
Kong Hu Cu juga berkata Ren cinta kasih harus memiliki zhong yaitu kepedulian pada orang lain, Shu memiliki sikap tenggang rasa (toleransi) dan yi kebajikan, memiliki sikap bijak.

Kasih itu tulus, jika ada yang jahat sama kita, Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukanlah apa yang baik bagi semua orang!