TNI

TNI dan BKKBN Lakukan Percepatan Penurunan Stunting

Bandung.Swara Jabbar Com.-Road show bertemakan “Kolaborasi TNI dan BKKBN serta mitra kerja dalam rangka percepatan penurunan stunting untuk mewujudkan SDM unggul Indonesia”

“Road show dilaksanakan dalam rangka, percepatan penurunan stunting, ada program KB (Keluarga Berencana), yaitu Medis Operasi Pria (MOP) dan KB MOW atau yang disebut juga dengan tubektomi,” kata Dandim 0618/BS Letkol INF Donny Ismuali Bainuri

Menurut dia, itu adalah metode KB dengan melakukan pengikatan atau pemotongan pada tuba fallopi (saluran yang menghubungkan kandung telur dengan rahim).

“MOP Dan MOW adalah pemasangan alat KB baik untuk pria maupun wanita,” ujar Donny, disela acara

Selain itu, ada edukasi dan peningkatan gizi kepada ibu hamil dan bayi umur 2 tahun.

Kemudian ada kegiatan tambahan yaitu demo memasak dari Gulavit, mengajarkan ibu-ibu untuk memasak makanan yang bergizi dan dapat membantu percepatan penyembuhan Stunting maupun peningkatan kesehatan kepada balita.

“Kita ketahui bersama bahwa launching baru dilaksanakan kemarin di Jakarta di hadiri Bapak Panglima TNI, Ibu Megawati dan yang lain,” ujarnya.

Donny menuturkan, hari ini road show pertama setelah dilaunching.

“Ibu Hety Andika Pratama perkasa langsung melaksanakan road show atau pengecekan ke lapangan sehingga hari ini kegiatan pengecekan yang pertama ke kota Bandung tepatnya di Kodim Kota Bandung,” ujarnya

Masyarakat yang hadir disini, lanjut Donny, berkat kerjasama Kodim 0618/ BS, TNI AU dan AL sehingga tadi ada sekitar 300 masyarakat yang melaksanakan program KB maupun edukasi pelayanan kesehatan ibu dan anak.

“Kegiatan ini dalam rangka menyukseskan program pemerintah. Tadi kami juga memberikan bantuan untuk ibu hamil dan balita,” kata dia.

Kemudian untuk yang akseptor yang Hadir, selain itu secara khusus ibu Hety Andika Perkasa membantu orang yang kurang mampu. (die)