Ragam

Jenis dan Asal Masakan Tiongkok China

 

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

Ada pepatah Tiongkok berkata 坐在桌旁吃饭,享受烹饪,放松心情,解决问题并获得解决方案
Zuò zài zhuō páng chīfàn, xiǎngshòu pēngrèn, fàngsōng xīnqíng, jiějué wèntí bìng huòdé jiějué fāng’àn artinya duduk satu meja makan, menikmati masakan, mencairkan suasana, menyelesaikan masalah mendapatkan solusi.
Masakan Tiongkok China banyak mengandung makna dan arti contohnya Bacang menurut legenda kali pertama muncul pada zaman Dinasti Zhou berkaitan dengan simpati rakyat kepada Qu Yuan yang bunuh diri dengan melompat ke Sungai Miluo.

Pada saat itu, bacang dilemparkan rakyat sekitar ke dalam sungai untuk mengalihkan perhatian makhluk-makhluk di dalamnya supaya tidak memakan jenazah Qu Yuan. Untuk kemudian, bacang menjadi salah satu simbol perayaan Peh Cun atau Duanwu. Kemudian Cakwee cakwe menjadi lambang kemarahan rakyat atas meninggalnya Jenderal Yue Fei. Jendral Yue Fei merupakan jendral utama pasukan Dinasti Song Selatan (memerintah tahun 1127-1279 masehi), yang terkenal akan kesuksesan menekan suku Jurchen / Negara Jin dari utara.1142 Jendral Yue Fie (39), Yue Yun (23), dan pengikutnya Zhan Xian dihukum mati. Di Ibukota Song Selatan terdapat seorang pedagang makanan ringan bernama Wang Xiaoer dan Li Si, mereka membuat dua adonan tepung dibentuk seperti manusia saling memunggungi

Masakan Tiongkok China dikenal 2 daerah yaitu makanan Tiongkok bagian utara dan makanan Tiongkok bagian Selatan. Dari Rasa dan kepopulerannya masakan Tiongkok utara lebih disukai orang orang di luar Tiongkok. Masakan Tiongkok Utara yang populer seperti bebek peking, daging sapi dan susu dari Mongolia Dalam, Roti pipih dan panggang dari Xin Jiang dan hidangan Korea di Timur laut, Rasa makanan Tiongkok Utara Kaya dan berani rempah rempah dan rasanya asin. Rasa yang kuat sangat penting bagi orang utara yang mencapai ini dengan garam dan bumbu yang kuat dibandingkan dengan selatan di mana cabai dan acar lebih banyak digunakan atau lebih ringan rasanya. Umumnya hidangan utara lebih berminyak dan kaya daging, dan menggunakan bawang putih dan daun bawang secara bebas.. Bumbu yang paling populer digunakan adalah kecap asin, cuka, bawang putih daun bawang adas bintang, saus kacang manis, cabai dan minyak wijen.

Koki yang berasal dari Tiongkok utara terampil menggunakan bumbu untuk menambah kekayaan hidangannya tanpa menutupi rasa alami dari bahan bahannya. Gandum adalah tanaman pokok Tiongkok Utara, oleh sebab itu Tepung terigu menjadi bahan dasarnya dapat kita temukan seperti mie, pangsit, bakpao kukus, bakpao isi dan panekuk. Beras juga jadi makanan utama di Tiongkok China Utara. Pangsit sangat populer di utara disajikan dengan cuka dan minyak cabai panas untuk di celupkan. Yang di dalamnya ada berbagai isian daging dan sayuran. Untuk sarapan ada bakpao, bakpao isi dengan isian berbeda seperti daging, sayuran atau pasta kacang merah dan panekuk di makan dengan bubur.

Mie yang di tarik dengan tangan dan mie yang di potong potong juga merupakan hidangan yang sangat umum di Tiongkok bagian utara disajikan baik di tumis atau menjadi sup. Tiongkok utara cenderunh makan lebih banyak daging merah yaitu daging sapi dan rusa, karena kalori, lemak dan protein memperkuat tubuh mereka melawan cuaca dingin. Tiongkok China Utara daerahnya dingin. Sebagian besar hidangan daging di dasarkan pada daging kambing, babi, sapi, ayam, bebek dan ikan. Daging kambing terutama digunakan sebagai bahan utama di barat laut Tiongkok China. Makanan laut berlimpah di provinsi Shandong. Sayuran yang digunakan dalam masakan Tiongkok China Utara yaitu kubis, lobak, tomat, kentang, mentimun, terong, kacang hijau dan daun bawang. Anggur kering dan apel juga jadi sajian makanan

Tata cara klasifikasi masakan Tiongkok China secara regional bisa dibagi dalam berbagai cara. Secara tradisional, ada yang disebut dengan istilah Eight Great Traditions yang berasal dari wilayah-wilayah kuno Negeri Cina. Delapan kuliner regional ini kemudian ditambahkan empat wilayah baru seperti Xinjiang, Mongolia, Yunnan, dan juga Tibet.

Masakan Tiongkok China terbagi.

1. Kuliner Tiongkok Cina Timur
Wilayah inilah yang memiliki jenis-jenis kuliner besar paling banyak dalam masakan Cina. Satu di antaranya sudah terkenal hingga seantero dunia. Tentu kita semua bisa menebak bahwa itulah kuliner Kanton yang terkenal dengan menu dim sum dan berbagai menu tumisan lainnya. Kuliner khas Kanton biasanya berfokus pada teknik masak yang sederhana namun memanfaatkan rasa alami dan segar dari bahan-bahannya.

Sementara itu ada juga kuliner-kuliner terkenal lainnya seperti kuliner Fujian yang berfokus pada masakan yang berkuah dan waktu memasaknya yang lama. Kuliner Zhejiang terkenal karena perpaduan berbagai teknik memasaknya dan rasanya yang segar sekaligus lembut. Kuliner Anhui memperkenalkan banyak bahan-bahan yang didapat segar dari pegunungan. Terakhir ada juga kuliner Jiangsu yang terkenal dengan kelembutan tekstur makanannya serta penggunaan protein dari sungai serta laut.

2. Kuliner Tiongkok Cina Tengah
Terdiri dari dua masakan regional terkenal seperti Sichuan dan Hunan. Keduanya memanfaatkan bahan lada Sichuan dan bumbu mala yang memiliki rasa pedas. Makanannya rata-rata tampil dalam warna merah atau gelap karena cita rasa yang berani dipertunjukkan oleh kedua kuliner wilayah ini. Contoh masakan Sichuan yang paling terkenal adalah mapo tofu, mie dandan, ataupun ayam kung pao.

Berasal dari wilayah Sichuan, ayam kung pao ini sudah tenar hingga ke seluruh dunia.
Sementara kuliner Hunan memperkenalkan masakan yang lebih pedas dan juga menyegarkan. Khususnya ketika musim panas tiba, perjamuan biasanya dimulai dari masakan yang dingin. Salah satu masakan Hunan yang kini terkenal di Jakarta adalah mala hotpot.

3. Kuliner Tiongkok Cina Utara
Terdiri dari tiga wilayah yang mewakilinya yaitu kuliner Beijing, Mongolia Dalam, dan juga kuliner Shandong. Umumnya masakan Tiongkok Cina dari wilayah ini tampil lebih sederhana dan memiliki rasa gurih serta menggunakan sayuran dalam jumlah sedikit.

Bebek Peking adalah masakan utama para keluarga kerajaan serta pejabat tinggi di masa lampau. (Foto: Shutterstock)
Yang paling terkenal adalah kuliner Beijing yang merupakan warisan dari kuliner mewah dinasti-dinasti di masa lalu dan Bebek Peking adalah jagoannya. Sementara itu kuliner Mongolia Dalam memiliki menu-menu bakaran daging merah terkenal seperti rusa, sapi, serta kambing. Kuliner Shandong sebaliknya lebih berfokus pada boga bahari yang mengandalkan rasa segar serta menu yang berkuah.

4. Kuliner Tiongkok Cina Barat

Masakan etnis Hui di Tiongkok Cina Barat didominasi oleh daging kambing. Contohnya adalah yang mirip dengan satai klatak yang satu ini.
Terdapat dua wilayah besar yang mewakili daerah Barat Cina dan keduanya memiliki ciri khas yang unik. Yang pertama adalah kuliner Xinjiang yang memiliki pengaruh kuliner Asia Tengah serta Timur Tengah. Sementara itu kuliner Tibet mengambil pengaruh masakan dari India serta Nepal dan juga kuliner Sichuan yang terkenal.

5. Masakan Cina Selatan

Teh pu’er yang unik ini berasal dari Yunnan di wilayah selatan Tiongkok Cina. Umumnya di
Wilayah selatan Cina ini memiliki banyak suku minoritas dan kuliner Yunnan mewakili kesemuanya ini. Ditambah juga masakan Cina di negeri ini memiliki banyak pengaruh juga dari kuliner Asia Tenggara sehingga sulit untuk dikategorikan secara rinci. Secara umum, kuliner Yunnan memiliki rasa lebih pedas dan memanfaatkan bahan-bahan seperti jamur, alga, hingga serangga. Wilayah ini juga terkenal karena merupakan negeri asalnya teh pu’er serta sebagai produsen keju sapi
滋补身体的食物
Zībǔ shēntǐ de shíwù artinya makanan menyehatkan tubuh