Parlementaria

Lina Ruslinawati Tinjau Progres Pembangunan Pusat Pengembangan Lebah Trigona.

Ciamis.Swara Jabbar.-Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat mengadakan kunjungan ke Pengembangan Lebah Trigona Kabupaten Ciamis dalam rangka Evaluasi Progres Pembangunan Pusat Pengembangan Lebah Trigona.

Kunjungan Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat ini dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat.Lina Ruslinawati. Rabu (10/8/2022).

Politisi Partai Gerindra Lina Ruslinawati menuturkan bahwa Budidaya lebah madu Trigona, telah dikembangkan oleh masyarakat di kecamatan Banjar Anyar kabupaten Ciamis sejak tahun 2007. Hingga saat ini, kegiatan budidaya lebah madu jenis Apis Trigona ini masih terus dilakukan oleh kelompok Tani Hutan di desa Bandar Anyar dan menjadi salah satu sumber mata pencaharian penduduk disekitar daerah tersebut.

Para petani memproduksi madu asli tanpa campuran bahan apapun, sehingga kualitasnya terjamin dan berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.ungkap Lina.

Lebih lanjut Lina menuturkan Potensi bidang peternakan melalui budidaya lebah madu Trigona di desa Banjar Anyar cukup menjanjikan. Hal ini dibuktikan dengan tingkat pemasarannya yang sangat luas sampai keluar Kota Ciamis. Menurut ketua kelompok tani hutan Bina Lestari, hasil dari budi daya lebah madu ini cukup menjanjikan.

Produksi madu asli yang dihasilkan bisa mencapai 50 kg dalam setiap bulannya. Namun demikian, jumlah ini masih belum cukup jika melihat permintaan pasar yang membludak.pungkasnya. (AP)