Parlementaria

Tia Fitriani : Keberadaan Desa Wisata Dongkrak Perekonomian Serta Bangkitkan UMKM

Kab Bandung.Swara Jabbar Com.-Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Daerah Pemilihan II (Kabupaten Bandung) Dra.Hj.Tia Fitriani melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Barat yang bertempat di Desa Langensari Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung. Senin (29/8/2022)

Legisalator Partai NasDem menuturkan Desa wisata adalah desa yang dijadikan tempat wisata karena daya tarik yang dimilikinya. Desa wisata merupakan suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung. Desa wisata disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku ucap Tia

Lebih lanjut Tia Fitriani yang duduk di Komisi II DPRD Jabar menilai Desa wisata biasanya memenuhi semua unsur wisata yang memiliki potensi daya tarik, seperti wisata alam, wisata budaya, dan wisata hasil buatan manusia. Desa wisata biasanya dibuat di satu kawasan tertentu dengan didukung oleh atraksi, akomodasi, dan fasilitas lainnya. Desa wisata secara keseluruhan mengintegrasikan semua unsur tersebut di suatu desa, untuk mengangkat keunikan dan kearifan lokal setempat tandasnya.

Desa-desa di Kabupaten Bandung mempunyai Potensi untuk dijadikan Desa Wisata.Hal ini “Karena setiap desa itu memiliki potensi alam yang berbeda, begitu pula dengan budayanya. Jadi masing-masing Desa akan mengembangkan potensi yang ada di daerahnya masing-masing,” katanya.

Upaya mengembangkan desa wisata maupun destinasi wisata itu, didukung dengan kondisi alam yang menarik sebagai kekayaan alam di Kabupaten Bandung.

Tia menilai sudah puluhan desa wisata yang sudah berjalan di Kabupaten Bandung, di antaranya Desa Alamendah Kecamatan Rancabali yang sudah menjadi perhatian pemerintah pusat. “Pengembangan desa wisata itu sangat membantu ekonomi masyarakat. Karena dapat mendorong kunjungan para wisatawan dari luar, untuk hadir di desa tandas Tia.

Pengembangan Desa Wisata berharap bisa mendongkrak perekonomian serta membangkitkan pelaku UMKM sehingga kesejahteraan masyarakat di Desa semakin meningkat pungkasnya.(die)