Hj.Elin Suharliah DPRD Jawa Barat Kunjungi DPD RI Bahas CDOB

Jakarta.Swara Jabbar Com.-Pimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat mengadakan kunjungan kerja dalam rangka Konsultasi dan Koordinasi terkait Pemekaran 8 (delapan) Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru di Jawa Barat yang berlangsung di Kantor DPD RI DKI Jakarta.Kamis (15/9/2022).

Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat dari Fraksi PDI Perjuangan Hj.Elin Suharliah turut serta dalam mengadakan kunjungan kerja tersebut.

Politisi Perempuan PDI Perjuangan Hj.Elin Suharliah menilai Pemekaran di Jawa Barat perlu segera terealisasi karena beberapa faktor mulai dari jumlah penduduk, efektifitas pelayanan kepada masyarakat hingga pengelolaan fiskal keuangan daerah. “Karena dari jumlah penduduk Jawa Barat yang sekarang hampir 50 juta berdasarkan data BPS, itu masih ada daerah yang jarak tempuh oleh masyarakatnya ke pemda bisa 6-7 jam. Artinya DOB memang sebuah kebutuhan, pelayanan kepada masyarakatnya semakin hari semakin menjadi urgent,”tutur Hj.Elin

Hj.Elin Suharliah merupakan Legislator Dapil Jabar IIi (Kabupten Bandung Barat) menuturkan bahwa Gubernur Jawa Barat telah mengajukan 8 (delapan) Calon Daerah Otonom Baru untuk dijadikan sebagai Daerah Otonom Baru di Jawa Barat.

Ke delapan Calon Daerah Otonom Baru (CDOB) tersebut adalah Kabupaten Bogor Timur, Bogor Barat, Sukabumi Utara, Cianjur Selatan, Garut Utara, Garut Selatan, Tasikmalaya Selatan, dan Kabupaten Indramayu Barat ujarnya.

Adapun untuk CDPOB Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Tasikmalaya Selatan dan Kabupaten Garut Utara, rata-rata per wilayahnya memiliki 11 sampai 12 kecamatan dengan populasi per daerah antara 500 ribu sampai 600 ribu jiwa.

Sementara daerah yang lebih dulu masuk usulan pembentukan CDPOB, Kabupaten Bogor Timur memiliki luas wilayah 776,71 kilometer persegi terdiri dari 7 kecamatan dan 75 desa. Penduduknya berjumlah 1.345.395 jiwa dengan lokasi ibu kotanya yaitu Jonggol.

Kabupaten Indramayu Barat luas wilayahnya yaitu 933,96 kilometer persegi. Terdiri dari 10 kecamatan, 95 desa, 581 RW dan 1.875 RT. Jumlah penduduknya yaitu 676.455 jiwa. Kecamatan Kroya diusulkan menjadi calon ibu kota Indramayu Barat.

CDPOB Kabupaten Garut Selatan memiliki luas wilayah 1.815,64 kmĀ² yang terdiri dari 15 kecamatan dan 129 desa, dengan jumlah penduduk 641.921 jiwa dan lokasi calon ibu kota berada di Kecamatan Mekarmukti seluas 56 hektare.

Kabupaten Garut Selatan sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Cianjur, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya, dan sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia.

Kabupaten Bogor Timur terdiri dari tujuh kecamatan, yakni antara lain Kecamatan Gunung Putri, Kecamatan Klapanunggal, Kecamatan Cileungsi, Kecamatan Sukamakmur, Kecamatan Jonggol, Kecamatan Cariu, dan Kecamatan Tanjung Sari. Nantinya kecamatan yang akan menjadi ibu kota adalah Kecamatan Jonggol.

Kabupaten Indramayu Barat terdiri dari sepuluh kecamatan yakni Kecamatan Haurgeulis, Kecamatan Gantar, Kecamatan Kroya, Kecamatan Gabuswetan, Kecamatan Terisi, Kecamatan Kandang Haur, Kecamatan Bongas, Kecamatan Anjatan, Kecamatan Sukra, dan Kecamatan Patrol. Ibu kota berada di Kecamatan Kroya. pungkas Hj.Elin Suharliah. (AP)


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.