Regional

Kipanca” Eksistensi Pelaku Seni Budaya Tunjukan Keberadaannya Kepada Pemerintah Kab Tasikmalaya

Kab Tasik.Swara Jabbar Com.-Milangkala yang ke 4 Padepokan Rongkat Jagat Galunggung Gelar Kegiatan seni Budaya diantaranya ada Lais, Debus, Pencak Silat dan kesenian lainnya yang bertempat di Halaman Gedung Bupati Kabupaten Tasikmalaya minggu 09/10/2022.

Kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai Padepokan yang ada di Jawa Barat diantaranya ada Padepokan LSI majalengka, Pandawa Lima, Sunda Ngahiji, Asgar, Padepokan Maung Ping, Sukaputra cahaya Galunggung dan Manggala Garuda putih.

Dengan tidak hadirnya dari pihak Pemerintah Daerah di acara Milangkala ini khususnya bapak Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mungkin ada tugas keluar padahal sudah kami layangkan surat undangan 10 hari sebelum acara di Gelar entah ada apa tidak ada satupun dari pihak pemerintah ataupun perwakilannya. tapi tetap acara di gelar dengan meriah walaupun ada sedikit kekecewaan,”ucap Kipancaroba Agung Gunawan selaku Pembina Padepokan Rungkat Jagat saat di wawancarai Media seusai kegiatan.

lanjut Kipanca meskipun kita beda padepokan tapi tetap satu tujuan menjungjung tinggi adat dan kebudayaan masing masing insya Alloh itu tidak akan menjadi perpecahan Justru dengan adanya perbedaan kita harus bisa menunjukkan bahwa kita bisa tetap bersatu, Karena para budayawan itu saling asah asih asuh Siliwangi,”terangnya.

berharap kepada pihak pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan kelestarian seni budaya khususnya seni Budaya yang ada di Kabupaten Tasikmalaya insya alloh kami dari pihak Padepokan siap bersinergi dengan Pihak Pemerintahan ikut membantu dan mensukseskan programnya,”harapnya. (Joy)