Parlementaria

Sari Sundari : RSUD Pameungpeuk Garut Mempunyai Peran Strategis Dalam Pelayanan Kesehatan

Garut.Swara Jabbar Com.-Pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional, untuk mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri, sejahtera lahir dan batin.Keberhasilan pembangunan kesehatan ditandai oleh semakin Meningkatnya derajat kesehatan masyarakat, mutu pelayanan yang prima, sarana dan prasana yang memadai serta berperilaku hidup sehat.

Salah satu upaya yang penting dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan adalah penyediaan sarana dan prasarana kesehatan yang bermutu untuk menunjang berbagai upaya pelayanan kesehatan baik pada tingkat individu, keluarga maupun masyarakat.Kegiatan pembangunan diutamakan pada peningkatan sarana dan prasarana serta kemampuan pelayanan kesehatan seperti RSUD Pameungpeuk Kabupaten Garut

Di sisi lain pesatnya laju pembangunan khususnya pembangunan kesehatan akan berdampak terhadap besarnya tuntutan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan optimal.Hal ini dikatakan Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat Sari Sundari (SADAR) saat mengadakan kunjungan kerja ke RSUD Pameungpeuk Kabupaten Garut Kamis (13/10/2022).

Sari menyatakan RSUD Pameungpeuk di Kabupaten Garut harus menjadi rumah sakit rujukan di daerah pelosok selatan Jabar dengan menyiapkan berbagai peralatan kesehatan lebih lengkap dibandingkan RSU tingkat kabupaten.

Ia menuturkan RSUD Pameungpeuk sengaja dibangun oleh Pemerintah Provinsi Jabar untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah pelosok selatan Jabar seperti Kabupaten Tasikmalaya, Garut, dan Cianjur imbuh Sari.

Legislator PKS Dapil Jabar II (Kabupaten Bandung) menegaskan Selama ini daerah selatan itu, kata dia, cukup sulit untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan ke rumah sakit rujukan karena terkendala jarak yang cukup jauh.

Rumah Sakit Umun Daerah (RSUD) Pameungpeuk, Kabupaten Garut, mempunyai peran yang strategis dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang prima serta pertolongan cepat kepada masyarakat, bahwa dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan, RSUD Pameungpeuk menjadi kepanjangan tangan Pemda Provinsi Jabar dalam pelayanan publik di bidang kesehatan.

Namun kondisinya saat ini masih banyak membutuhkan bantuan pemerintah diberbagai sektor seperti dibidang infrastruktur, sarana dan prasarana serta Sumber Daya Manusia (SDM) nya.Pungkas Sari Sundari.(AP)