Pangdam III/Siliwangi tebar BIOS 44 DC Pada Tambak Udang Vaname di Cikalong

Tasikmalaya.Swara Jabbar Com.-Kunjungan kerja Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Arief Kunto Wibowo S.I.P. ke wilayah jajarannya, secara Touring dengan mengendarai sepeda motor ke Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, dilakukan untuk mengedukasi masyarakat serta mensosialisasikan teknologi adaptip hasil inovasi yang dapat menjadi alternatif.

Touring Sampai di daerah Cikalong Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada Hari Selasa (18/10/22), Pangdam III/Slw berkenan meninjau PT MOD VanameTasikmalaya salah satu pelaku usaha Tambak udang Vename, yang menjadi usaha yang ditekuni oleh sebagian besar masyarakat Cikalong.

Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Letkol Inf Adhe Hansen kepada awak media melalui seluler, Selasa (18/10/2022).

Dijelaskannya jenis udang Vanname merupakan bahan komoditi Ekspor, karena udang vaname memiliki tingkat produktivitas yang cukup tinggi, disamping permintaan dipasaran juga terus meningkat tiap tahunnya.

Saat meninjau Tambak Udang tersebut, Pangdam menawarkan solusi pada pemilik Tambak udang, dan secara bersama-sama menebar cairan BIOS 44 DC ke dalam Tambak Udang. Diharapkan teknologi Bios 44 DC dapat mempercepat pertumbuhan udang tersebut sehingga lebih cepat dipanen. Penebaran Bios 44 DC ini juga salah satu upaya mengedukasi masyarakat.

Dijelaskan Kapendam bahaw teknologi Bios 44 DC merupakan cairan dari jenis perpaduan beberapa mikroorganisme yang disatukan. Sebenarnya BIOS 44 DC merupakan substansi organik multiguna, teknologi ini mampu membuat air kolam pemeliharaan udang tetap baik hasil budidaya udangnya pun dapat meningkat. Seperti halnya telah dilakukan untuk budidaya ikan, dengan diberikan Bios 44 DC Ikan yang semula baru bisa dipanen dalam waktu 4 bulan, menjadi dipanen dalam waktu 2 bulan, dan hasilnya lebih meningkat karena tidak banyak yang mati.

Penggunaan Bios 44 DC, dapat menekan biaya produksi yang harus dikeluarkan petani, peternak dan pembudidaya Ikan/udang. Dari sisi kandungan bahan, Bios 44 DC dipastikan aman karena mudah terurai.

Dihubungi melalui Telpon, Amiyo Josuwa sebagai pemilik tambak udang menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian dan kunjungan Pangdam III/Siliwangi ke tambak miliknya. Diharapkan setelah ditebar Bios 44 DC hasilnya sesuai harapan. Amiyo berharap ada pendampingan selanjutnya, terkait penggunaan BIOS 44 DC untuk peningkatan produksi udang Vaname yang memang menjadi primadona Petambak udang di wilayah Tasikmalaya Selatan.

“Saya berterimakasih atas perhatian Pangdam III/Siliwangi, dan semoga selanjutnya bisa mendapatkan pendampingan serta arahan terkait pemanfaatan BIOS 44 DC di tambak udang, agar pruduksinya semakin meningkat,” ujarnya (Pendam III/Siliwangi)


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.