Regional

NAGARA PADANG SITLUS ARTEPACK MEGALITIKUM

Kab Bandung.Swara Jababr Com.-Gunung Nagara Padang berada diperbatasan Kab.Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Untuk menuju ke lokasi, bisa ditempuh melalui Muka Payung, Sindangkerta atau dari Alun-Alun Ciwidey ke arah Desa Rawabogo. Kedua jalur cukup jauh untuk ditempuh dan kedua-duanya lebih nyaman ditempuh dengan kendaraan roda dua. Jalannya yang berliku-liku dengan banyak tanjakan dan turunan yang terjal dan licin akan membuat waktu tempuh jauh lebih lama meskipun menggunakan kendaraan roda dua itupun harus pakai ojek yang sudah berpengalaman untuk sampai ke tempat tersebut buat kendaran roda empat paling sampai di rumah Bah Tarma sebagai juru kunci GUNUNG NAGARA PADANG

Mendengar namanya, jangan identikan gunung ini dengan Gunung Padang di Cianjur. Meski diduga sama-sama peninggalan Era Megalitikum, namun karakteristik artepack batuannya berbeda. Jika di Gunung Padang Cianjur, batunya tersusun rapi,dan bila di pukul dapat mengeluarkn suara bergema karena konon menjadi tempat ritual kepercayaan pada jaman animisme, di Gunung Nagara Padang batuannya berserak sporadis dengan ukuran volume batuannya sangat besar, dengan bentuk yang unik ada yang menjulang tinggi tersusun berundak dan ada juga yang menjulur di pinggir tebing , merupakan daya tarik tersendiri bersua photo di kalangan tua maupun muda.

Namun pada akhir-akhir ini lagi di heboh kan oleh berita miring.yang membuat semua orang tertuju perhatiannya ke wilayah situs Nagara Padang tersebut ,karena telah terjadi pencemaran lingkungan situs.
Dan pada hari Rabu (26 Oktober 2022)

Ketika kami komfimasi kepada pihak ketua paguyuban yang bernama Cecep.ketika di tanya tentang tanggapan yang terjadi di Situs Nagara Padang Cecep. Membetulkan ada kejadian seperti itu.namun sangat di sayangkan katanya karena tidak ada kompirmasi dulu minimal ngobrol dulu? Ujarnya ini menyangkut nama baik daerah dan Situs itu sendiri. Situs tersebut merupakan Cagar budaya.

Memang yang harus kita jaga dan lestarikan dari hal apapun. Dan kami akan ikut bertanggung jawab katanya! ada pun tentang tiket atau karcis yang bapak tanyakan betul pak. perum perhutani yang mengeluarkan itu sebesar sepuluh ribu rupiah.itu ter masuk buat ke amanan dan kebersihan.juga buat sering dengan Perum Perhutani, buat Desa, Cecep pun mengucapkan banyak terimakasih kepada Kapolsek Sektor Ciwidey dan kepada Komonitas pencinta alam yang telah membantu dalam masalah ini.

Ini buat pelajaran kita semua, supaya lebih hati hati lagi dan komitmen menjaga serta melestarikan Wilayah Situs Nagara Padang.ada pun harapan kedepan semoga lebih berkembang dan dapat lebih di perhatikan lagi oleh semua pihak.ter utama mengenai akses jalan menuju ke tempat tersebut ** SODIKIN .JA.TAR.