Apa yang akan terjadi di 2023

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

Tahun 2023 dimulainya babak awal tahun Politik karena Februari 2024 ada Pemilu. Hendaknya Parpol tidak hanya berfokus untuk meraih kemenangan di 2024 tetapi harus berfokus mensejahterakan rakyat.
Benarkah 2023 gelap?
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, guncangan perekonomian dunia yang terjadi saat ini bukanlah ‘kaleng-kaleng’. Oleh sebab itu, anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) memiliki peranan penting untuk bisa meredam guncangan yang terjadi. Terlebih, guncangan ekonomi global diproyeksi akan berlanjut di tahun depan, bahkan lembaga-lembaga internasional memprediksi bakal terjadinya resesi global di 2023.
“Menarik untuk didalami mengenai APBN 2023, menjawab tantangan-tantangan masyarakat dan ekonomi yang continuously under a lot of shock (terus mengalami goncangan). Shock-nya ini bukan shock kaleng-kaleng istilahnya, shock-nya itu gede banget,” ujar Sri Mulyani dalam Seminar Strategi Capai Ekonomi Kuat dan Berkelanjutan di Tengah Risiko, Jumat (28/10/2022).
Sri Mulyani memaparkan, ekonomi global sempat tertekan akibat pandemi Covid-19, namun ketika mulai terjadi pemulihan malah justru diperhadapkan guncangan akibat perang Rusia dan Ukraina. Kini dunia sedang menghadapi krisis pangan dan energi, lonjakan inflasi, dan tren kenaikan suku bunga acuan yang melemahkan perekonomian.
Di sisi lain, dunia juga dihadapkan persoalan perubahan iklim yang berdampak pada perekonomian, khusunya pada produksi pangan.
Maka di tengah guncangan-guncangan itu, APBN harus mampu memainkan peran sebagai peredam guncangan atau shock absorber agar perekonomian tetap kuat dan berdaya tahan.
Resesi ekonomi menjadi ancaman global tahun depan. Negara-negara, termasuk Indonesia pun mulai mewaspadai ancaman tersebut.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) saat ini menjadi bantalan di saat ekonomi sedang mengalami tekanan. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bilang, APBN pun menemui banyak tantangan saat harus tetap berjalan untuk menjaga stabilitas ekonomi negara.
Dia menjelaskan APBN menjadi instrumen untuk mengatasi ancaman stabilitas. “Makanya waktu itu disebutkan APBN menjadi counter cyclical, gara-gara pandemi siklusnya jadi anjlok,” kata dia dalam acara Bincang APBN, Jumat (28/10/2022).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan APBN berupaya menyangga jatuhnya perekonomian agar tidak terlalu dalam dan bisa segera pulih. Namun baru selesai pandemi menurut WHO, muncul krisis baru yaitu kenaikan harga pangan, harga energi dan geopolitik yang meningkat. Hal ini menimbulkan disrupsi secara global.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, APBN paling banyak diserap untuk biaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Hal ini menepis anggapan masyarakat yang selama ini terus menyoroti anggaran pembangunan infrastruktur yang disebut gila-gilaan.
Ia mengungkapkan, APBN sebagian besarnya dialirkan untuk sektor sumber daya manusia (SDM), seperti pendidikan, kesehatan, dan jaringan pengaman sosial. Langkah ini sesuai dengan amanat UUD 1945.

“Investasi SDM jadi bagian terbesar dalam keuangan negara. Anda lihat walau sering disoroti, bangunnya infrastruktur apalagi IKN. RP 612 triliun is about education.” kata Sri Mulyani dalam acara Demi Indonesia di Ciputra Artpreneur Theater Jakarta, Sabtu (29/10/2022).
Menurut perencana keuangan dari Finante.id, Tommy Hilman, Indonesia pun juga pernah mengalami resesi pada 2020 lantaran imbas gempuran COVID-19

“Tahun 2020 pun Indonesia pernah mengalami resesi karena COVID-19. Nilai PDB negatif dalam dua kuartal berturut-turut,” ujar Tommy dikutip dari HaiBunda, Jumat (28/10/2022).

Resesi berdampak pada perdagangan yang melambat, bisnis yang lesu, meningkatnya pengangguran, harga naik, hingga turunnya daya beli masyarakat. Di sisi lain, Tommy mengatakan, ancaman resesi tersebut bukan untuk menakut-nakuti, melainkan untuk mendorong kewaspadaan.

“Bukan untuk menakut-nakuti, tetapi kita perlu waspada dan berhati-hati terhadap kondisi keuangan pribadi. Kita perlu tetap optimis, buktinya Indonesia masih bertahan hingga ini saat terjadi resesi tahun 1998, 2008, dan 2020,” jelas Tommy
Perang Rusia Ukraina belum usai Semenanjung Korea di akhir tahun sedikit memanas karena korea utara meluncurkan rudal balistik membuat Jepang khawatir.Pemerintah Jepang tengah mempertimbangkan untuk membeli rudal-rudal jelajah Tomahawk buatan Amerika Serikat (AS). Rencana pembelian rudal Tomahawk itu dipertimbangkan saat Tokyo berupaya menangkal ancaman regional yang terus berkembang, termasuk dari Korea Utara (Korut).
Seperti dilansir AFP, Jumat (28/10/2022), pembelian rudal-rudal jelajah AS itu dinilai akan menjadi langkah kontroversial bagi negara yang militernya tidak diakui secara resmi dalam konstitusi pasca-Perang Dunia II.

Harian lokal Jepang, Yomiuri Shimbun, melaporkan bahwa Tokyo sedang dalam tahap akhir diskusi dengan pemerintah AS soal pembelian rudal jarak menengah itu, yang bisa diluncurkan dari lautan.

Semenanjung Korea, sebut Yomiuri Shimbun yang mengutip sumber-sumber pemerintah Jepang, akan masuk dalam jangkauan rudal Tomahawk, tergantung pada area peluncuran.
Jika Panasnya Semenanjung Korea berlanjut akan memperparah Krisis ekonomi global. Kemudian terbakarnya Kilang Dahlin CPC di Kaohsiung Taiwan pasti akan berpengaruh kepada harga minyak mentah dunia.Taiwan juga termasuk negara yang dapat mempengaruhi ekonomi dunia
Sementara itu di Inggris Pemilik perusahaan produsen unggas, yang telah kehilangan 100.000 unggas karena flu burung, mengatakan vaksinasi adalah “satu-satunya solusi” untuk wabah tersebut.

Inggris telah dinyatakan sebagai Zona Pencegahan Flu Burung (AIPZ) menyusul wabah di Norfolk, Suffolk, dan Essex bulan lalu.

Mark Gorton, direktur pelaksana Traditional Norfolk Poultry, mengatakan jenis flu ini “sangat mematikan dan menular”.

Akan tetapi, pemerintah Inggris menegaskan risiko flu burung ini terhadap kesehatan manusia sangat rendah.

Wakil Kepala Otoritas Veteriner Inggris, Richard Irvine, mengatakan: “Vaksinasi bukan bagian dari kebijakan dan pendekatan terhadap penyakit.”

Departemen Lingkungan, Pangan, dan Urusan Pedesaan mengatakan ini adalah wabah flu burung terbesar di Inggris.

Tahun lalu, sedikitnya 48 juta ekor unggas telah dibantai di Inggris dan Uni Eropa akibat wabah flu burung. Di Inggris, sebanyak 190 kasus flu burung dideteksi di peternakan sejak tahun lalu sehingga sebanyak 3,2 juta unggas dimatikan.

Di antara 190 kasus tersebut, sebanyak lebih dari 30 kasus muncul di Inggris sejak awal Oktober 2022
Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah masih mengkaji pemberian status Kejadian Luar Biasa (KLB) pada kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) di Indonesia.

Maruf mengatakan penetapan KLB tak bisa dilakukan untuk segala jenis penyakit, melainkan harus ada kriteria yang terpenuhi. Di antaranya seperti jumlah kasus hingga kematian, dan seberapa cepat penularan atau sebaran penyakit.

“Saya kira usulan itu [KLB] akan direspons oleh pemerintah dan sekarang sedang dikaji,” Kata Ma’ruf dalam kunjungan kerja ke Banten sebagaimana disiarkan melalui kanal YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia, Jumat (28/10
Dikutip CNBC Indonesia 28 Oktober 2022- Kota-kota di China, mulai dari Wuhan di China tengah hingga Xining di barat laut, kembali memperketat pembatasan dan penguncian (lockdown) terkait Covid-19.
Dilansir The Guardian, pada Kamis (27/10/2022), China mencatat lebih dari 1.000 kasus Covid baru secara nasional dalam tiga hari berturut-turut.

Wuhan, kota asal wabah Covid-19 pertama di dunia pada akhir 2019, melaporkan sekitar 20 hingga 25 infeksi baru setiap hari pada pekan ini, dan telah mendaftarkan 240 kasus selama 14 hari terakhir. Pemerintah setempat memerintahkan lebih dari 800.000 orang di satu distrik untuk tinggal di rumah hingga 30 Oktober. Disaat Resesi jika kota kota di China Lock akibat munculnya Corona kembali akan berpengaruh pada perdagangan dunia meski lockdownnya hanya satu hari Ada kabar menggembirakan Pasar tenaga kerja Singapura menunjukkan perbaikan di mana pada kuartal III 2022, di mana jumlah lapangan kerja mencapai 75.600, tidak termasuk pekerja rumah tangga migran. Capaian itu naik dibandingkan kuartal sebelumnya sebesar 66.500 pekerjaan.
Ekonomi Amerika Serikat (AS) tumbuh positif kuartal ketiga 2022. Menurut Bureau of Economic Analysis (BEA) capaian ini diharapkan bisa meredakan kekhawatiran terhadap resesi.
Mengutip CNBC, Kamis (27/10/2022) pertumbuhan yang meningkat ke level 2,6% itu di atas perkiraan Dow Jones sebelumnya yaitu 2,3%. Selain itu, angka pertumbuhan 2,6% tersebut meningkat dibanding kuartal sebelumnya yang negatif berturut-turut yang mengarahkan AS pada kategori resesi yang diterima secara umum.

Pertumbuhan yang positif tersebut berasal dari peningkatan belanja konsumen, investasi tetap non-perumahan, dan belanja pemerintah. Laporan BEA juga menunjukkan terjadi pergeseran ke belanja jasa atas barang meningkat 2,8%, sementara belanja barang turun 1,2%.
Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) terus menghantui perekonomian global. Beberapa perusahaan skala global seperti Ford, Shopee, Netflix termasuk dalam daftar perusahaan yang melakukan layoff tahun ini.

Maraknya gelombang PHK ini terjadi karena ketidakpastian ekonomi global akibat perang Rusia-Ukraina.
Perusahaan pembuat chip, Intel Corp (INTC.O) berencana memutus hubungan kerja terhadap karyawannya, karena perlambatan di pasar komputer pribadi.

Mengutip , Rabu (12/10), PHK diumumkan pada awal Oktober dan beberapa divisi Intel, termasuk kelompok penjualan dan pemasaran, dapat melihat pemotongan yang mempengaruhi sekitar 20 persen staf.

Per Juli, jumlah karyawan di Inter Corp sebanyak 113.700 orang karyawan. Kendati demikian, Intel menolak mengomentari pemutusan hubungan kerja.

SoftBank
Softbank Group Corp Jepang melakukan PHK kepada 150 karyawan di unit Vision Fund dan SoftBank Group International.

Mengutip Reuters, Jumat (30/9), CEO Masayoshi Son melakukan PHK terhadap ratusan karyawan karena perusahaan merugi atas investasinya ke sektor teknologi.
Shopee Thailand melakukan PHK terhadap 10 persen dari total karyawan di negara tersebut. Dilansir dari The Thaiger, Kamis (29/9), jumlah orang yang terkena PHK sebanyak 100 orang. Shopee melakukan PHK untuk restrukturisasi perusahaan.

Manajemen perusahaan teknologi multinasional Singapura itu mengatakan restrukturisasi dilakukan guna meningkatkan efisiensi operasional untuk membuat perusahaan lebih gesit dan mampu mengembangkan pertumbuhan jangka panjang. Shopee telah merestrukturisasi bisnisnya di banyak negara pada 2022. Hal itu dilakukan untuk membuat perusahaan lebih mandiri
Mulai November Desember 2022 sampai juni 2023 seperti biasanya terjadi iklim ekstrem yang harus diwaspadai curah hujan yang besar bisa mengakibatkan banjir, longsor dan angin badai.
Yang harus diwaspadai juga kemungkinan adanya gempa megathrust. Apa itu gempa megathrust? Gempa bumi berdorongan besar terjadi pada zona subduksi di batas lempeng konvergen destruktif, di mana satu lempeng tektonik tertekan di bawah lempeng yang lain. Gempa ini adalah gempa bumi interlempeng yang paling kuat di planet ini, dengan besaran momen (Mw) yang dapat melebihi 9,0. Sejak tahun 1900, gempa bumi berkekuatan 9,0 atau yang lebih besar dianggap sebagai Gempa bumi berdorongan besar. Tidak ada jenis lain yang dikenal sumber terestrial dari aktivitas tektonik yang telah menghasilkan gempa bumi dari skala seperti ini.
Lalu lempeng akan terus bergerak dari satu sama lainnya sehingga membuatnya saling bersinggungan. Hal ini lalu membuat adanya penumpukan regangan melebihi gesekan antara dua lempeng dan gempa megathrust besar pun akan terjadi.

Perlu diketahui, gempa megathrust terbilang dapat merusakan bangunan di suatu area ketika mencapai magnitude 7 sampai 8. Durasi dan guncangan untuk gempa megathrust juga akan jauh lebih lama daripada umumnya, bahkan dapat mencapai beberapa menit. Selain itu gempa ini mampu menyebabkan gerakan vertikal besar di dasar laut, lalu memindahkan sejumlah besar air yang bergerak menjauh dari gerakan bawah laut sebagai tsunami.

Adapun hal yang menandakan bahwa telah terjadinya gempa bumi megathrust, salah satunya akan membunuh vegetasi yang dapat dihitung usianya. Selain itu, gempa jenis ini juga menyebabkan tanah longsor bawah laut dari landas kontinen menuju lebih dalam. Endapan longsor ini dapat dikenali dengan mengambil sampel inti yang diambil langsung dari dasar laut.

Namun, dengan pengukuran geodesi memakai satelit pemosisian global dan pengukuran jarak jauh, maka perubahan bentuk kerak dalam pola gempa bumi megathrust ini dapat diprediksi dan dideteksi.

Gempa megathrust terbilang tidak terjadi terlalu sering, namun tidak juga teratur kapannya akan terjadi. Sedangkan untuk melihat besaran gempa ini, diperkirakan dapat berkekuatan mencapai magnitude 9. Misalnya, gempa megathrust di Chili pada 1960 berkekuatan magnitude 9,5, dan ada pernah terjadi di Alaska pada tahun 1964 berkekuatan 9,2.
Hal tersebut harus menjadi perhatian kita semua. Sejahterakan rakyat itu lebih utama


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.