Pemerintahan

Antisipasi PMK, Penandaan Pendataan Hewan

Cianjur.Swara Jabbar Com.-Babinsa Koramil 0608-13/Pagelaran Kodim 0608/Cianjur, Serda Wawan lakukan pendampingan Program Nasional Penandaan dan Pendataan Hewan ternak melakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku(PMK).

” Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Dinas Peternakan melakukan penandaan dan pendataan hewan ternak berupa pemasangan anting telinga atau Eartag Secure QR Code yang terhubung secara digital, ” ujarnya, Jumat 4 November 2022.

” Tak hanya ternak yang telah divaksin, ternak yang belum divaksin dan tidak divaksin turut diberi tanda, ” tambahnya.
Petugas dari Kesehatan Hewan mengungkapkan, pemasangan Eartag Secure QR Code terhubung dengan aplikasi Identik PKH.

Aplikasi ini kata dia, bisa diunduh langsung pada handphone berbasis android melalui aplikasi Play Store

Pemasangan Eartag bertujuan memudahkan pencatatan dan pendataan sekaligus pemantauan jumlah populasi hewan, status reproduksi dan distribusi hewan ternak, ” jelasnya.

Ia menjelaskan, pihaknya dari Dinperpa Kabupaten Cianjur melakukan program penandaan dan pendataan sapi dan kerbau di seluruh wilayah Cianjur, khususnya di wilayah Kecamatan Pagelaran secara bertahap dengan nama identik PKH pada hewan ternak.(*)

“Dalam aplikasi tersebut, petugas akan menginput semua data ternak dari mulai foto, NIK peternak, lokasi, status kesehatan hewan seperti tinggi Badan, Bobot Badan sapi, hingga status vaksinasi PMK hewan tersebut,” pungkasnya. (*)