Pemerintahan

Berbagai Upaya Atasi PMK

Sukabumi.Swara Jabbar Com.-Mengantisipasi penyebaran penyakit kuku dan mulut yang tengah menjangkiti hewan ternak dibeberapa daerah, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi,beberapa waktu lalu.menggelar sosialisasi kepada para penjual hewan di Pasar Hewan.

Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Andri Setiawan, mengatakan bahwa pihaknya, dalam mencegah penyebaran penyakit tersebut, melakukan pula penyemprotan disinfektan, serta meminta para peternak dan penjual agar segera melapor kepada DKP3 bilamana menemukan gejala penyakit tersebut diantaranya pada sapi, kerbau, domba dan hewan pemamah biak atau ruminansa lainnya.

Adapun gejala penyakit tersebut adalah hewan menderita demam tinggi, muncul air liur berlebihan, serta timbul luka dirongga mulut, lidah maupun kuku, dan kehilangan nafsu makan. Gejala lainnya adalah hewan kesulitan berdiri serta bernapas cepat.

Selain itu DKP3 pun telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, sebagai langkah pencegahan lainnya. Sejauh ini, menurutnya belum ditemukan adanya penyebaran penyakit ini diwilayah Kota Sukabumi. Dihimbau pula, kepada peternak agar rutin melakukan disinfeksi serta melakukan vaksinasi pada hewan ternak mereka.