Kinerja Satgas PMK di Apresiasi

Bekasi.Swara Jabbar Com.-Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Faizal Hafan Farid mengapresiasi langkah dari Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi yang telah mengantisipasi maraknya penyakit mulut dan kaki (PMK) pada hewan ternak sapi dan domba. Langkah antisipasi tersebut dilakukan agar penjualan hewan kurban seperti sapi dan domba aman menjelang Idul Adha 1443 Hijriah.

“Saya telah berkomunikasi dengan Dinas Pertanian di Kabupaten Bekasi, mereka telah melakukan antisipasi kelapangan dan hasilnya belum ditemukan adanya penyakit PMK pada hewan ternak untuk kebutuhan kurban di Kabupaten Bekasi,” ujar Faizal,

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat itu mengatakan saat ini tengah terjadi penyebaran penyakit PMK pada hewan ternak domba dan sapi. Penyakit ternak tersebut ditemukan dibeberapa wilayah Jawa Barat, seperti Garut yang menjadi wilayah penyuplai hewan ternak untuk kebutuhan qurban.

“Dari informasi yang kami dapat, jumlah hewan ternak yang terpapar PMK mencapai 517 ekor di Kabupaten Garut. Nah langkah antisipasi harus dilakukan wilayah lainnya di Jawa Barat agar penyebaran penyakit ternak ini tidak ke wilayah lain, apalagi mau Idul Adha,” ujarnya.

Anggota dewan yang biasa disapa Bang Haji Faizal (BHF) menegaskan akan mendorong agar pemerintah Provinsi Jabar memberikan bantuannya kepada kabupaten dan kota lainnya, terutama agar ketersediaan hewan kurban seperti domba dan sapi sehat. Sehingga tidak ada kekhawatiran masyarakat yang ingin membeli hewan qurban terbebas dari penyakit berbahaya.

“Harus ambil langkah cepat, misalnya provinsi memberikan bantuan seperti cara penanganan antisipasinya. Dan daerah kabupaten dan kota di Jabar juga sigap melakukan pengecekan langsung ke lapangan, kepara penjual dan peternak,” tambahnya. (*)


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.