Pemerintahan

Wabah PMK Menurun

Jakarta.Swara Jabbar Com.-Satuan Tugas Penanganan Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (Satgas PMK) melaporkan kasus penularan wabah ini sudah mulai menurun. Hingga per 10 November 2022, daerah yang tertular PMK ada 26 provinsi dan 307 kabupaten/kota.
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan PMK Wiku Adisasmito mengatakan hingga kemarin, 9 provinsi dan 149 kabupaten/kota juga sudah tidak ada laporan kasus wabah PMK.

“Tren kemunculan kasus baru semakin menurun dengan sisa kasus aktif 52.876 dari 573.988 kasus,” kata Wiku dalam konferensi pers di Sekretariat Presiden, Jumat (11/11).

Namun jika berkaca kembali pada awal kemunculan PMK, hanya dalam jangka 3 bulan sejak laporan awal PMK, jumlah provinsi tertular signifikan dengan puncak kasus aktif pada minggu terakhir Juli 2022.

Untuk menghadapi situasi itu, kata Wiku, seluruh pihak mulai pemerintah, nonpemerintah, dan masyarakat menerapkan lima strategi utama yaitu vaksinasi, testing, pengobatan, bio security, dan potong bersyarat pada hewan.

Untuk menghadapi situasi itu, kata Wiku, seluruh pihak mulai pemerintah, nonpemerintah, dan masyarakat menerapkan lima strategi utama yaitu vaksinasi, testing, pengobatan, bio security, dan potong bersyarat pada hewan. (*)