Cegah PMK Meluas, Targetkan 1.000 dosis Bisa disuntikan ke 1.000 ekor,

Kuningan.Swara Jabbar Com.-Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten Kuningan Jawa Barat, mulai melakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap ribuan sapi perah dan sapi potong, Beberapa waktu lalu.Pemerintah menargetkan vaksin berhasil disuntikan ke 1.000 ekor sapi dalam satu hari. Medik Veteriner Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten Kuningan, Rofiq menerangkan, Kabupaten Kuningan mendapatkan vaksin PMK sebanyak 7.200 dosis. Vaksin itu akan dibagi 5.000 dosis untuk sapi perah, dan 2.000 dosis untuk sapi potong.

“Kuningan mendapatkan 7.200 dosis, yang terbagi 5.200 untuk sapi perah, dan 2.000 dosis untuk sapi potong. Hari ini kami belum melakukan gerakan. Kami fokuskan ke sapi perah. targetkan 1.000 dosis bisa disuntikan ke 1.000 ekor,” kata Rofiq kepada Kompas.com di tengah kegiatan vaksinasi. Rofiq menyampaikan, vaksinasi adalah kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh dinas dan juga para peternak. Atas dasar itu, setelah vaksin tiba di Kuningan, pihaknya langsung membagi beberapa tim untuk bergerak ke berbagai daerah. tim dinas, puskeswan, dan dokter hewan bergerak menuju Desa Palutungan, Kecamatan Cigugur. Mereka bergerak dari satu kandang ke kandang lain untuk menyuntikan vaksin.

Proses vaksinasi dilakukan secara bertahap. Pertama, tim dokter kesehatan melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan sapi. Setelah dipastikan sehat, tim kemudian mengisi dosis vaksin masing-masing 2 mili per satu ekor, lalu menyuntikannya.

Dia mengatakan pemerintah memprioritaskan vaksininasi PMK untuk beberapa jenis sapi. Di antaranya sapi bibit, sapi aseptor, sapi perah, dan komunitas sapi pasundan yang merupakan bibit unggulan Kabupaten Kuningan.

Alasannya, ke empat kategori sapi tersebut memiliki potensi kerugian tinggi. Pasalnya produktivitasnya jangka panjang sehinga harus mendapatkan penanganan segera. Untuk dapat memenuhi target 1.000 vaksinasi per hari, pemerintah membagi beberapa kelompok yakni tim UPT Puskeswan dan juga tim koperasi sapi perah. Ada lima puskeswan, dan empat buah koperasi sapi perah. Mereka bergerak secara serentak mulai hari ini hingga lima hari mendatang sesuai target vaksinasi.


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.