HARI BAKTI PU KE-77 TK JABAR Ada Gelar Alat Berat, Stan Kuliner, Sunatan Massal, Donor Darah hingga Sapu Lobang

Bandung.Swara Jabbar Com.-Ada yang khas pada penyelenggaraan peringatan Hari BhaktiPekerjaan Umum (Harbak PU) ke-77 tingkat Jabar kali ini yang akan digelar mulai Kamis 17 November hingga puncak acara peringatan Harbak PU pada 3 Desember 2022.

Tak hanya kegiatan bakti sosial, olahraga, kesenian atau gelar stan kuliner dan produk UMKM, tapi untuk pertama kalinya akan ada pameran alat berat.

Tentunya “si kuning” Stoom Walls bakalan “nongkrong” di Komplek Olahraga Arcamanik Bandung. Pengunjung pun bakal boleh mencoba Stoom tersebut dan alat berat lainnya dengan didampingi para petugas di STAN tersebut.

Semua itu bisa disaksikan pada gelar kegiatan pada hari pertama atau acara pembukaan kegiatan peringatan Harbak PU tingkat Jabar pada 17 November 2022 Kompleks GOR Arcamanik Bandung.

Pada kegiatan hari pertama tersebut akan diselenggarakan pula, sunatan masal 25 orang
donor darah 80 orang, pemberian beasiswa 18 orang (SD 6 orang, SMP 6 orang, SMA 6 orang), pameran UMKM/makanan 20 stan dan
pameran alat berat

Selain itu akan ada Live zoom Perwakilan dari setiap UPTD Dinas BMPR Jabar terkait peran masyarakat dalam pemeliharaan jalan dan rumija program sapu lobang. Rencananya disaksikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Kepala Dinas BMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono mengemukakan peringatan Harbak PU kali ini akan ada kekhasan, salah satu contoh akan ada pameran alat berat. Juga akan ada kegiatan terkait partisipasi dan peran masyarakat dalam membantu pembangunan infrastruktur, seperti membantu pemeliharaan jalan dan rumija.

“Mudah-mudahan, kekhasan ini setiap tahun bisa digelar dan menjadi “ikon” Hari Bakti PU di Jabar, sehingga masyarakat pun akan selalu mengingat dan mengetahui Hari Bakti PU,” ujar Bambang.

Hari Bhakti PU ke 77 tingkat Jabar kali ini bertemakan “MELESAT” (MELANJUTKAN INFRASTRUKTUR JUARA BANGKITKAN EKONOMI RAKYAT.

Adapun rangkaian kegiatan Hari Bhakti PU ke – 77 selengkapnya sbb;

RANGKAIAN KEGIATAN HARI BHAKTI PU KE – 77

1. Kamis 17 November 2022
-Pembukaan : Tempat GEDUNG YOUTH CENTER ARCAMANIK
Rangkaian Acara
– Sunatan Masal 25 Orang
– Donor darah 80 orang
– Pemberian Beasiswa 18 Orang (SD 6 orang,SMP 6 orang,SMA 6 orang)
-;Pameran UMKM/Makanan 20stand
– Pameran Alat Berat
– Live zoom Perwakilan dari setiap UPTD terkait peran masyrakat dalam pemeliharaan jalan dan rumija( Dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat ).

2. Tanggal 17-19 November 2022
Pertandingan olah raga : Gedung Laga Tangkas Arcamanik dan GOR KONI JABAR
– Futsal
-;Bulu Tangkis
– Tenis Meja
– E-Sport

3. Tanggal 21 November 2022
Talkshow (lokasi di selasar Masjid Al-Jabbar)

4. Tanggal 24 November 2022
Seminar Motivasi (Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar)
Jumlah peserta 50 orang (OPD ke-PU-an)
Tema : Motivasi Mental Blok ABUZI

5. Tanggal 25 November 2022
Penanaman Pohon di Desa Jatiroke Kec. Jatinangor Sumedang.

– Tujuan : Kegiatan Penanaman Pohon membantu penanganan Lahan Kritis di Provinsi Jawa Barat.
Penanaman pohon sebanyak 20.000 bibit pohon dari Dishut Jabar
– Penanaman pohon dilaksanakan pada 26 Ha yang dikelola oleh Forum Komunikasi Gunung Geulis
– Status lahan kompensasi PT Kahatex Seluas 40 Ha
– Pelaksanaan kolaborasi dengan Dishut Jabar, CDK IX Dishut Kab Sumedang, Forum Gunung Geulis dan Pemerintah Desa Jatiroke
– Jenis tanaman keras dan tanaman masyarakat (Kopi,Mangga dll)
-;Tanaman yang ada saat ini di lokasi hanya di tanami palawija.
– Penanaman pohon juga selain terpusat di Jatiroke disebar pula di setiap UPTD dengan memanfaatkan rumija di setiap UPTD (26 November 2022)

6. Tanggal 2 Desember 2022
Tabur bunga (Taman Makam Pahlawan)

7. Tanggal 3 Desember 2022
Upacara Harbak PU ke-77 & Penghargaan mandor/ pekerja teladan ( tempat Gedung Sate )

Sejarah Hari Bakti PU

Tanggal 3 Desember merupakan hari yang punya “Makna Khusus” bagi warga Departemen Pekerjaan Umum. Karena pada tanggal Tanggal 3 Desember 1945 terjadi peristiwa bersejarah.

Gugur tujuh orang karyawan yang berjuang mempertahankan markas Departemen PU di Kota Bandung yang sekarang dikenal sebagai Gedung Sate.

Peristiwa ini kemudian dikenang dan diperingati sebagai HARI KEBAKTIAN PEKERJAAN UMUM. Tanggal 3 Desember 1945, pukul 13.00 WIB.

Waktu itu kantor Departemen Perhubungan dan Pekerjaan Umum di Jl. Diponegoro 22 Bandung yang dikenal dengan Gedung Sate itu hanya dipertahankan oleh 21 orang.
Tiba-tiba datang menyerbu sepasukan tentara Sekutu/Belanda dengan persenjataan yang berat dan modern. Walaupun demikian petugas yang mempertahankan Gedung Sate ini tak mau menyerah begitu saja.

Mereka mengadakan perlawanan matimatian dengan segala kekuatan yang dimiliki tetap mempertahankan kantor yang akan direbutnya itu. Mereka dikepung rapat dan diserang dari segala penjuru.

Pertempuran yang dahsyat itu memang tidak seimbang. Pertempuran ini baru berakhir pada pukul 14.00 WIB. Dalam pertempuran tersebut diketahui dari 21 orang pemuda 7 diantaranya hilang. Satu orang luka-luka berat dan beberapa orang lainnya lukaluka ringan.

Setelah dilakukan penelitian ternyata para pemuda yang hilang itu diketahui bernama : Didi Hardianto Kamarga, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Soesilo, Soebengat, Ranu dan Soerjono.


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.