TNI

Pangdam III/Slw dan Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwangi, Silaturahmi Dengan Civitas Akademika STAI Siliwangi Bandung

Cimahi.Swara Jabbar Com.-Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dan Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwangi Ny. Mia Kunto Arief Wibowo melakukan silaturahmi ke Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Siliwangi Bandung, bertempat di Gedung Auditorium Abyan Soelaeman Jl. Terusan Jenderal Sudirman Kel. Baros Kec. Cimahi Tengah Kota Cimahi, Selasa (15/11/2022).

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen kepada awak media di Media Center Kodam III/Slw Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung Jabar, Rabu (16/11/2022).

Selain bersilaturahmi Pangdam III/Slw melakukan sharing dengan para mahasiswa dan memberikan pertanyaan terkait dengan inti materi yang telah disampaikan sebelumnya oleh Kapok Sahli Pangdam III/Slw Brigjen TNI Kuat Budiman di awal acara.

Menyinggung masalah persatuan dan kesatuan bangsa, Pangdam mengajak para mahasiswa maupun mahasiswi agar sama-sama menumbuhkan dan memiliki konsep pemersatu bangsa.

“Apa yang bisa kalian lakukan sebagai generasi pemersatu. Apakah di antara kita yang masih bisa bicara, ada yang bisa memperjuangkan konsep pemersatu, atau hanya senang melihat masalahnya saja, tanpa punya konsep pemersatu bangsa dampak dari permasalahan yang ada?” tanya Pangdam.

“Ayo kita sama-sama perjuangkan konsep pemersatu bangsa, jangan senang melihat masalahnya saja, tetapi kita tidak punya konsep pemersatu,” ajak Pangdam.

Pangdam berkomitmen, sebagai pemersatu, secara bertahap dan berlanjut bersama Staf Kodam telah berkeliling ke wilayah Provinsi Jawa Barat dan Banten, bersamaan dengan Staf teritorial di lapangan menginisiasi masyarakat. Hal tersebut sebagai upaya alternatif dalam memberdayakan potensi wilayah yang ada, menjadi potensi ekonomi, budaya dan pertahanan.

Dalam kesempatan itu juga Pangdam memaparkan berbagai kegiatannya selama berkeliling ke wilayah sebagai bentuk aksi nyata bukan retorika dalam upaya membantu mensejahterakan masyarakat.

Kodam III/Slw dengan berbagai inovasi teknologi terapan yang dimiliki melakukan pendampingan kepada masyarakat di wilayah, diantaranya pemanfaatan teknologi biologi mikroba Bios 44 DC untuk pemulihan lahan kritis bekas galian pasir yang tidak produktif, pengolahan 100 ha lahan untuk menanam jagung, budidaya udang dan pertanian, seperti tanaman karet yang tidak produktif dengan Bioss 44 DC dalam waktu 20 hari kembali mengeluarkan getah.

Selain itu inovasi terapan lainnya seperti mesin pengolah air yang mampu mengolah air laut menjadi air siap diminum dan menjadi garam serta menjadi es, pompa hidram, bahan penghemat bahan bakar minyak dari sereh juga diaplikasikan kepada masyarakat. Kodam pun memberikan pelatihan pembuatan perahu semen bagi masyarakat di pesisir pantai.

Kapok Sahli Pangdam III/Slw, dalam kuliah umumnya menyapaikan bahwa, kuat atau lemahnya suatu Negara tidak hanya tergantung kepada faktor yang bersifat fisik saja, seperti kekayaan alam maupun persenjataan, namun faktor yang tidak nampak seperti budaya juga mempunyai peran yang sangat penting.

“Budaya merupakan suatu faktor penting dalam kekuatan suatu negara, dalam budaya kita terdapat value gotong royong, sopan santun, pantang menyerah, semangat untuk berprestasi, semangat persatuan dan kesatuan, semangat nasionalisme serta patriotisme,” jelasnya.

Mengutip pepatah seorang mantan presiden AS, Kapok Sahli mengatakan bahwa, kita tidak hanya bisa menyiapkan masa depan itu untuk generasi mudanya saja, tetapi kita harus membangun generasi mudanya itu agar bisa menyiapkan generasi mudanya sendiri.

“Oleh karena itu para pemuda harus menyiapkan diri dari sekarang,” tegasnya

Sementara itu Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwangi Ny. Mia Kunto Arief Wibowo, dalam sambutannya mengimbau para mahasiswa dan mahasiswi agar bijak dalam memanfaatkan media sosial dan hindari sikap ketergantungan diri kepada internet. Selain itu juga Ketua Yayasan mengajak untuk memelihara semangat bersosialisasi dengan lingkungan, tingkatkan kepedulian sosial dan jaga tatakrama.

Di akhir acara, Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwangi didampingi Pangdam III/Slw menyerahkan tali asih kepada Dosen dan Staf STAI Siliwangi Bandung dilanjutkan foto bersama dan ramah tamah.

Kapendam menambahkan pada acara Silaturahmi ke STAI tersebut diisi juga sesi tanya jawab antara mahasiswa, dosen dengan Pangdam III/Slw serta penampilan tari dari mahasiswa/mahasiswi STAI Siliwangi Bandung. (Pendam III/Siliwangi).