Ekonomi

Mie Yamien Akulturasi Kuliner

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh :  Jeremy Huang Wijaya.

Ada pepatah berkata
生活必须进步。生活要有创新,不能停留在一个点上
Shēnghuó bìxū jìnbù. Shēnghuó yào yǒu chuàngxīn, bùnéng tíngliú zài yīgè diǎn shàng artinya kehidupan itu harus berkembang maju. dalam kehidupan harus ada inovasi tidak berhenti pada satu titik

Waktu saya kecil di Kebon Blimbing Cirebon tahun 70an kami sekeluarga penggemar mie Yamien. Di dorong menggunakan gerobak dimasak menggunakan Arang sambil di kipas kipas. Harum baunya. Mie yamien saya campur nasi ada kuahnya. Waktu ulang tahun, saya bersama Leony Fransiska Sidhojoyo, Endang Prihatin Sembada, Lidia Agustam dan Mira Tjahjapranata, Harlianti dan Jeni Susan makan Mie Yamin merayakan ulang tahun sebagai wujud doa panjang umur dan panjang rejeki. Setiap saya pulang ke Cirebon saya suka ditraktir makan mie yamin kebon cai oleh Dominikus Setiadi.
Mi (atau juga sering ditulis mie) adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih. mie berasal dari China utara selama paruh terakhir Dinasti Han (206 SM–220 M) ketika penggilingan gandum skala besar tersedia, menyediakan tepung untuk membuat mian, mein, atau mi, kata dalam bahasa Tionghoa untuk mie.
mi berasal dari Dinasti Han Timur, antara tahun 25 dan 220 Masehi. Pada Oktober 2005, mi tertua yang diperkirakan berusia 4.000 tahun ditemukan di Qinghai, Tiongkok.
Mie Yamien adalah akulturasi kuliner khas Indonesia. Tidak ada di negara lain. Yamien berasal dari kata Yam yang artinya ayam dan mie. Karena mie yamien berbahan dasar mie dan ayam. Tetapi mie yamien bukanlah mie ayam.
Begitu juga dengan asal usul mie yamin yang bisa dikatakan turunan dari mie ayam, meski keduanya serupa tetapi tak sama. Namun, ada pula yang menyebut mie yamien merupakan salah satu makanan khas dari Cirebon, Jawa Barat. Konon, mie yamien mulai dijajakan di Cirebon sejak era 1950-an Mie Yamien Cirebon memiliki kekhasan sendiri. Suwandi adalah perintis dan pembuat pertama kali mie yamien di Cirebon sejak tahun 1950. Kini beliau membuka usaha Mie Yamiennya di Jalan Pandesan Cirebon. Mie Yamien khas Cirebon, mienya berwarna coklat karena ada kecapnya, kemudian ada krupuk pangsitnya, tahu, pangsit basahnya dan ada basonya. Untuk mie yamin sendiri memiliki bentuk pipih pada mienya.
Untuk mie yamin, saat Anda melihatnya secara langsung saja sudah bisa menilai dimana letak perbedaannya dengan Mie Ayam. Memiliki warna cokelat yang cukup pekat, Anda pasti sudah mengetahui bahwa dalam mie yamin itu terdapat campuran kecap manis pada bumbunya.

Selain itu perbedaan terdapat pada penggunakan jenis mienya. Jika mie ayam bertekstur tebal dan kenyal, mie yamin justru menggunakan mie yang tipis dan tidak terlalu kenyal. Penyajiannya pun sama, disajikan bersama ayam bumbu kecap, cincangan daun bawang, serta rebusan sawi. Namun untuk kuah, pada mie yamin disajikan di mangkuk kecil terpisah.

Di beberapa tempat, mie ayam dengan yamin juga dibedakan berdasarkan sentuhan rasanya. Ada yamin biasa, yamin gurih, atau yamin manis. Semuanya bergantung pada pemakaian kecap manis dan bumbu lainnya
Mie Ayam adalah hidangan khas Indonesia yang terbuat dari mie gandum yang dibumbui dengan daging ayam yang biasanya dipotong dadu. Hidangan ini banyak terpengaruh dengan teknik penyajian kuliner yang digunakan dalam hidangan Tionghoa. Di Indonesia, mie ayam merupakan hidangan Tionghoa di Indonesia yang sangat terkenal.
Dari segi tekstur dan bentuknya, mie ayam memiliki bentuk yang lebih tebal dengan tekstur cukup kenyal saat dikunyah. Banyak yang mengatakan kalau tekstur mienya ini mirip mie setengah matang. Lalu dari segi tampilan warna mienya berwarna kuning cenderung pucat. Mie ayam disajikan bersama dengan potongan ayam yang diberi bumbu kecap atau bumbu semur. Selain taburan ayam, ada juga sawi hijau rebus, irisan daun bawang, dan kerupuk pangsit yang melengkapi sajian mie ayam. Dari segi rasa, mie ayam memiliki rasa gurih asin. Mie ayam selalu disajikan bersama dengan kuah yang langsung disiram di atas mie
Mie yang digunakan pada mie ayam ada berbagai macam yaitu mie kecil dan ada juga yang tebal. Namun tetap teksturnya kenyal. Warnanya mienya pun kuning pucat. Mie ayam disajikan bersama daun bawang cincang, ayam berbumbu kecap, rebusan sawi, dan disiram kuah bening yang gurih saat menyeruputnya
Namun untuk kuah, pada mie yamin disajikan di mangkuk kecil terpisah.
Untuk taburan lainnya, mie yamin diberi irisan daun bawang, pangsit rebus, hingga tauge rebus. Meski dikenal sebagai mie kering, tapi mie yamin aslinya disajikan dengan kuah terpisah dan cara menyantapnya adalah dengan mencelupkan mie pada kuah sebelum disantap.
Mie Yamien di tiap kota memiliki perbedaan dalam toping penyajiannya. Jika makan Mie Yamien Okeng di Pamoyanan Bandung ada tambahan lobak di kuah dalam mangkoknya.
Bakmie Karet di Taman Kopo Indah 3 Bandung memiliki toping berbeda ada baso gorengnya.
Tiap daerah berbeda toping penyajiannya