Ekonomi

Prediksi Inflasi dan kenaikan harga di Tahun baru Imlek 2023

Bandung.Swara Jabbar Com.

Oleh Jeremy Huang Wijaya

没有上帝的帮助和指导,人类无法在生活中做大事。人类可能会计划一些事情,但上帝会决定并决定它
Méiyǒu shàngdì de bāngzhù hé zhǐdǎo, rénlèi wúfǎ zài shēnghuó zhōng zuò dàshì. Rénlèi kěnéng kuài jìhuà yīxiē shìqíng, dàn shàngdì huì juédìng bìng juédìng tā artinya manusia tak dapat melakukan hal yang besar dalam kehidupan tanpa pertolongan dan pimpinan Tuhan. manusia boleh merencanakan sesuatu tetapi Tuhan yang menetapkan dan memutuskannya
Kenaikan harga akan terjadi awal desember 2022 hingga Akhir Januari 2023 disaat tahun baru imlek 31 Januari 2023. Karena ada natal, tahun baru dan tahun baru imlek. Harga cabai, telor, bawang merah, bawang putih, daging ayam dan beras pasti akan naik.
Disamping itu juga Ekonomi dunia dipengaruhi kondisi di China dan Amerika Serikat karena ke dua negara ini Super Power Ekonomi dunia. China dan Amerika barometer ekonomi dunia. Harga dollar kemaren mencapai 15 700an.
Dikutip dari Kompas com 29 Nopember 2022 – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pada sesi Selasa (29/11/2022) pagi hari melemah. Mata uang Garuda masih tertekan sentimen demonstrasi yang memprotes kebijakan lockdown di sejumlah kota besar di China.
Mengacu pada data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dibuka pada level Rp 15.725 per dollar AS, terdepresiasi dibanding posisi penutupan sebelumnya sebesar Rp 15.722 per dollar AS.
Depresiasi nilai tukar rupiah selaras dengan menguatnya indeks dollar AS. Data Investing menunjukkan, greenback menguat dan saat ini bergerak pada kisaran 106,42.
Analis Sinarmas Futures Ariston Tjendra mengatakan, demonstrasi besar yang terjadi di Negeri Tirai Bambu masih menekan pergerakan nilai tukar rupiah. Pasalnya, aksi demonstrasi itu berpotensi mengganggu perekonomian China.
“Dan berdampak negatif ke perekonomian negara lain yang terkait erat dengan perekonomian China,” ujar dia kepada Kompas com, Selasa.
Dikutip CNN kemaren 29 Nopember 2022. Militer China mengusir kapal jelajah pembawa rudal Amerika Serikat yang dilaporkan menerobos wilayah di dekat wilayah sengketa Kepulauan Spratly di Laut China Selatan.
Juru bicara Komando Teater Selatan Tentara China, Tian Junli, mengatakan bahwa kapal USS Chancellorsville itu “menerobos secara ilegal.”.
Kemudian dikutip CNN 29 Nopember 2022, Kepolisian China memperketat keamanan usai demonstrasi menuntut Presiden Xi Jinping mundur pecah di berbagai wilayah Beijing pada akhir pekan lalu.
Diberitakan Reuters, puluhan polisi pada Senin (28/11) berjaga di Beijing dan Shanghai, tepatnya di titik-titik lokasi demonstrasi akhir pekan lalu. Polisi berjaga meski tak ada tanda-tanda orang melakukan protes.

Di sana, kepolisian memberhentikan orang-orang yang lewat. Mereka bahkan mengecek ponsel warga yang melintas di lokasi unjuk rasa pekan lalu itu.
CNN Indonesia, Kepolisian China memperketat keamanan usai demonstrasi menuntut Presiden Xi Jinping mundur pecah di berbagai wilayah Beijing pada akhir pekan lalu.
Diberitakan Reuters, puluhan polisi pada Senin (28/11) berjaga di Beijing dan Shanghai, tepatnya di titik-titik lokasi demonstrasi akhir pekan lalu. Polisi berjaga meski tak ada tanda-tanda orang melakukan protes.

Di sana, kepolisian memberhentikan orang-orang yang lewat. Mereka bahkan mengecek ponsel warga yang melintas di lokasi unjuk rasa pekan lalu itu.
Dikutip dari Kompas 29 Nopember 2022 Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengaku tidak khawatir jika kurs rupiah tembus Rp 16.000 per dollar AS. Saat ini, nilai tukar rupiah berada di level Rp 15.700 per dollar AS.
Luhut menilai pelemahan rupiah ini terjadi bukan karena kondisi ekonomi Indonesia yang buruk, melainkan karena adanya faktor eksternal yakni kenaikan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS) yang agresif dilakukan sepanjang 2022. “Jadi kalo nanti sampai The Fed akan tekan which is kayanya enggak lagi. Dia sampai Rp 16.000 it’s oke, nanti kita akan adjust pelan-pelan lagi ke bawah. Jadi semua manageable, semua by design, bukan karena ekonomi kita enggak bagus,” ujarnya saat acara Wisdom Wealth 2022 di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Selasa (29/11/2022).
Baca juga: Luhut Minta Kementerian hingga BUMD Kurangi Belanja Impor
Terlebih saat ini hampir seluruh mata uang di dunia terdepresiasi akibat kenaikan suku bunga acuan AS ini. Di antara negara lain pun depresiasi nilai tukar rupiah bukanlah yang terdalam.”Jadi kalo nanti sampai The Fed akan tekan which is kayanya enggak lagi. Dia sampai Rp 16.000 it’s oke, nanti kita akan adjust pelan-pelan lagi ke bawah. Jadi semua manageable, semua by design, bukan karena ekonomi kita enggak bagus,” ujarnya saat acara Wisdom Wealth 2022 di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Selasa (29/11/2022). Kurangi Belanja Impor
Terlebih saat ini hampir seluruh mata uang di dunia terdepresiasi akibat kenaikan suku bunga acuan AS ini. Di antara negara lain pun depresiasi nilai tukar rupiah bukanlah yang terdalam. Oleh sebab itu, dia yakin meski rupiah melemah hingga tembus Rp 16.000 pun akan dengan mudah diturunkan secara perlahan karena kondisi ekonomi Indonesia masih cukup baik.
Dia mengungkapkan, kondisi ekonomi Indonesia saat ini dengan pertumbuhan ekonomi pada Kuartal III 2022 sebesar 5,7 persen membuat Indonesia menjadi cukup menarik di mata para investor asing.
Akhir tahun sampai awal tahun dollar pasti naik mungkin berkisar 16.000 tetapi tidak akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi kita. Karena fondasi ekonomi negara kita kuat. Akhir tahun 2022 dan hingga Januari 2023 Inflasi kenaikan harga mungkin terjadi di bahan pokok karena natal, tahun baru dan imlek. Tahun baru imlek jatuh pada tanggal 31 Januari 2023. Di bulan Februari 2023 harga akan stabil kembali.
Kelas Ekonomi menengah harus diperhatikan juga supaya mereka tidak jatuh ke Bawah selama Desember 2022 hingga Februari 2023. Pemerintah diharapkan menaikkan batas penghasilan kena pajak yang sebelumnya 60 juta pertahun di naikkan menjadi 75 juta pertahun. Karena terlalu berat jika penghasilan 60 juta pertahun terkena pajak penghasilan. Berat bagi mereka yang berpenghasilan 60 juta pertahun. Diharapkan juga adanya Pengurangan Pajak Komoditas barang tertentu jangan dikenakan pajak.
Berharap BLT yang di jalankan selama ini diharapkan dapat di lanjutkan. Supaya dapat menaikkan daya beli masyarakat. Pemerintah diharapkan membantu UMKM, dengan menghilangkan Pajak Penghasilan (PPH) dan Bantuan Modal untuk UMKM di tingkatkan. Dan bantuan untuk UMKM diperluas
Diharapkan parpol parpol mulai berpikir dan bekerja untuk rakyat jangan hanya berfokus pada Pemilu 2024. Jangan hanya berpikir untuk Koalisi. Karena saat ini waktu yang tepat bagi parpol parpol bekerja untuk rakyat. Diharapkan parpol parpol dapat memberikan bantuan untuk rakyat kecil, sembako gratis, makan bersama, dan memberikan bantuan usaha untuk rakyat kecil. Diharapkan pengurus dan kader parpol mulai turun ke bawah, pertemuan dengan warga mendengar keluh kesah mereka, bukan hanya pada masa reses dan kampanye. Tetapi rutin tiap minggu mengadakan pertemuan dengan warga. Mengunjungi rumah rumah warga memberikan bantuan dengan ikhlas. Jangan hanya berfokus pada kemenangan dan jangan fokus untuk meraih kursi tetapi fokus menolong warga dengan ikhlas. Karena apa yang kita tabur akan kita tuai. Ketika menolong warga dengan ikhlas maka akan dapat dukungan