Pemerintahan

Vaksin PMK Lindungi Hewan Ternak

Bandung.Swara Jabbar Com.-Pemerintah mempercepat vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK), pada hewan ternak berkuku belah.

Vaksinasi diprioritaskan pada hewan twrnak yang masih sehat, agar tidak terpapar virus penyakit infeksi yang menyerang kaki dan mulut ternak.

Dari pelaksanaan penyuntikan vaksin PMK, belum ditemukan hewan yang mengalami efek samping dari vaksin tersebut.

Kementerian Pertanian memastikan, vaksin PMK aman bagi hewan ternak yang disuntik dan tidak menimbulkan efek samping yang signifikan.

“Untuk peternak, jangan takut ternaknya disuntik vaksin PMK. Sampai saat ini tidak ada efek samping yang signifikan. Vaksin Malah untuk melindungi,” kata Pejabat Otoritas Veteriner Kota Bandung Jawa Barat Elise Wieke, di Bandung baru-baru ini

Menurut Elise, hingga kini belum ditemukan ada efek samping pada hewan ternak yang sudah divaksin PMK. “Setelah divaksin beberapa hari kemudian kami evaluasi. Sekitar seminggu setelah vaksinasi, apakah ada efek samping atau seperti apa. Sejauh ini baik-baik saja dari yang sudah dilakukan,” katanya.

Untuk menghilangkan kekhawatiran para peternak, terkait efek samping setelah hewan ternak divaksin PMK, pemerintah kata Elise menggiatkan sosialisasi dan edukasi kepada para peternak.

“Kami lakukan sosialisasi ke perkumpulan peternak, ke kewilayahan ataupun misalnya bareng Babinsa. Biasanya dari Babinsa lebih bisa menegaskan,” kata dia (*)