Pemerintahan

Penanganan PMK Di Jabar Alami Kemajuan

Bandung.Swara Jabbar Com.-Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berupaya menangani penyakit mulut dan kuku (PMK), yang menyerang hewan ternak berkuku belah.

Hingga saat ini jumlah daerah yang berhasil menekan PMK dan mencapai nol kasus pun terus bertambah, dari 8 daerah menjadi 13 daerah di Jabar.

“Alhamdulillah daerah yang zero kasus PMK terus bertambah, dari yang tadinya 8 daerah sekarang menjadi 13 daerah di Jabar. Mudah mudahan daerah yang zero kasus terus bertambah dan kasus PMK pun bisa hilang,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat Arifin Soedjayana di Bandung.

Arifin menyebutkan ke-13 daerah yang telah berhasil menekan kasus PMK hingga zero kasus, antara lain Banjar, Bogor, Ciamis Karawang, Kota Bandung, Bekasi, Cimahi, Kota Tasik, Pangandaran dan Purwakarta.

“Sebelumnya daerah KBB sempat zero kasus tapi terserang lagi. Bukan pada sapi tapi kini dombanya yang terpapar,” ucap Arifin.

Menurut Arifin untuk mengantisipasi penyebaran PMK, pihaknya gencar melakulan program vaksinasi pada hewan, disinfektan, pemeriksaan, hingga lalu lintas hewan ternak pun dijaga secara ketat.

“Arus Lalu lintas hewan ternak kita jaga secara ketat, kita periksa hewan ternak yang masuk dari luar daerah,” pungkasnya. (*)