Pemerintahan

Pemerintah Bantu Memutus Mata Rantai PMK

Bandung Barat.Swara Jabbar Com.-Kelompok peternak sapi yang tergabung dalam Koperasi Peternakan Sapi Bandung Utara (KPSBU), berharap pemerintah bisa membantu dari segala sisi dalam memutus rantai penyebaran wabah PMK.

Harapan itu disampaikan Ketua KPSBU Dedi Setiadi kepada anggota Komisi IV DPR RI, yang melakukan kunjungan kerja ke wilayah Lembang, kabupaten Bandung Barat belum lama ini.

Dedi Setiadi mengatakan KPSBU merupakan salah satu koperasi yang fokus menampung susu sapi dari para peternak yang tergabung dalam koperasi. Susu tersebut selanjutnya diolah menjadi beberapa produk. Namun, produksi susu peternak saat ini mengalami penurunan, akibat sapinya terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Dampak wabah PMK ini sangat signifikan.Produksi susu menjadi menurun dan merugikan para peternak. Saat ini KPSBU dan peternak di wilayah Bandung Utara ini khususnya sedang berjuang melawan wabah yang sangat menyulitkan,” kata Dedi.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi IV sekaligus Ketua Tim Kunjungan Kerja DPR RI di Jawa Barat Sutrisno menegaskan, komisinya di parlemen memprioritaskan upaya penanganan wabah PMK.

“Kita juga mencari cara memulihkan dan meningkatkan produksi susu juga menjadi perhatian. Pemerintah melakukan banyak upaya untuk segera menuntaskan penyakit yang menyerang ternak,” pungkasnya. (*)