Regional

Kemeriahan Cap Go Me di Kota Cirebon

Cirebon.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

用感恩节庆祝大日子 Yòng gǎn’ēn jié qìngzhù dà rìzi artinya rayakan hari besar dengan ucapan syukur
5 Februari 2023 tepat pukul 13 diadakan Pengarakan Toa Pe Kong. Start dari Kelenteng Tiao KaK Sie Dewi Welas Asih Cirebon.

Acara ritual dimulai sejak pukul 10. 00 Pagi Peserta Pengarakan Toa Pe Kong berdatangan. Pukul 11 Patih dari Kanoman dan Sultan KeCirebon datang. Dalam Kesempatan tersebut Patih Kanoman menyematkan dan memberikan Topi Khas Cirebon kepada Bapak Sungkono sesepuh Masyarakat Tionghoa Cirebon dan kepada Iwan Santoro Ketua Panitia. Berikut ini urutan Toa Pe Kong yang diarak keliling kota.
1. Kwan Te Kun Tiao Kak Sie
2. Nacha(pengawal dewi Kwan Im) Tiao Kak Sie
3. Kwan Im Po Sat. Tiao Kak Sie
4.Kwan Im Po Sat. Bodhi sejati Cirebon
5. Thian Sang Seng Bo Tiao Kak Sie
6. Thian Sang Seng Bo Budha Sasana
7.Ho tek ceng Sin Tiao Kak Sie
8. Ho Tek Ceng Sin Makin Cirebon
9. Ho Tek Ceng Sin Bun San Tong
10. Hian Thian Sang Te Tiao Kak sie. Biasanya setiap pengambilan Patung Dewa Dewi ada jeda waktu 5-10 Menit
13.00-13.10 Penerimaan tanda persahabatan keraton kanoman kepada vihara Dewi welas asih
13.10-1320 Pembukasn acara gotong toa pe kong

Sambutan Ketua Panitia Bapak Iwan Santoro S.E
Sambutan Wakil Walikota Cirebon ibu Etyy Herawati. Dan Kata Sambutan dari Dave Laksono anggota DPRRI dari Golkar.

13.20 Penghormatan kepada Kim Sin dan Pejabat oleh Barongsay TKS, Kelabang, Singa Mas, Star Team Naga Mustika
Liong TKS Liong Naga Mas, Liong Singa Mas
13.55 Penyalaan Petasan Tanda Start oleh Wakil Walikota Cirebon KadisBudPar, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Cirebon, Ketua DPRD dan Anggota DPRD Kota Cirebon, Kapolres Cirebon Kota, Dandim.0614 Kota Cirebon, General Manager Pelindo 2 Cirebon, Komandan Ditpolairud Polda Jabar, Dan Lanal, Ketua Panitia Cap Go Me, Sesepuh Tionghoa Bpk Afan, Panglima Tinggi Macan AliNuswantara, Ketua Pemuda Pancasila, Ketua Laskar Merah Putih.
14. Tepat Pukul 14.00 Pengangkatan Joli Kong Co Kwan Te Kun (Dewa Kejujuran dan Kesetiaan secara simbolis oleh Wakil walikota Cirebon dan Dave Laksono dan tamu undangan.

Ketika rombongan melewati B.A.T. bertemu Walikota Cirebon menyambut rombongan Pengarakan Toa Pe Kong dan foto bersama.

Berikut ini kisah para Dewa yang akan diarak keliling dalam acara Cap Go Me.
Hian Thian Siang Tee atau Malaikat Bintang Utara adalah Shen Ming (神明) dalam agama Khonghucu yang persembahyangan dan penghormatannya dilakukan berdasarkan iman agama Khonghucu (Ru Jiao). Hian Thian Siang Tee hadir (menampakkan diri) menyambut kelahiran Zhong Ni (Nabi Agung Kongzi).

Namun demikian setidaknya (yang tertua) menunjuk sejak zaman Dinasti Zhou (1122 – 255 SM) sudah ada pemujanya. Xuan Tian Shang Di adalah salah satu dewata Tao yang berlevel tinggi dan merupakan salah satu dewa yang paling banyak disebut di China. Ia dipuja sebagai dewa yang sangat perkasa, mampu mengontrol elemen-elemen dan melakukan sihir yang hebat. Ia sering dipuja oleh praktisi ilmu bela diri dan merupakan roh pelindung Hebei, Manchuria, dan Mongolia. Semenjak para penduduk China yang berbahasa Kantonis dan bahasa Minnan (terutama Hokkien) melarikan diri dari Hebei menuju selatan pada masa Dinasti Song, Xuan Tian Shang Di juga banyak dipuja di Provinsi Fujian dan Guangdong (yang akhirnya dibawa oleh para imigran China dari kedua provinsi tersebut ke negara-negara lain seperti Taiwan, Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

Thian Sang Seng Bo atau nama lainnya Tian Shang Sheng Mu (h:天上聖母; p=tiānshàng; Hokkien=Tian Siang Sing Bo; Kantonis=Tin Hau) dikenal pula dengan sebutan Ma Zu atau Mak Co. Karena hidupnya yang sederhana dan gemar berbuat kebaikan, masyarakat memanggilnya Lin San Ren (Lin orang y baik). Dia dikenal sebagai Dewi Laut, penolong para pelaut, serta pelindung etnis China di wilayah Selatan dan imigran di Asia Tenggara. Kultus Tian Shang Sheng Mu terutama berkembang pada wilayah pesisir pantai dimana penduduknya bergantung dengan aktivitas kelautan.
Ho Tek Ceng Sin lebih di kenal dengan namaDewa Bumi. Dipercaya Dewa Bumi memiliki tugas untuk menjaga agar kehidupan rakyat aman, bahagia dan banyak rejeki.