Pemerintahan

Pj.Walikota Cimahi Melantik Petugas Pantarlih Pemilu 2024

Cimahi.Swara Jabbar Com.-Menjelang pemilu serentak 2024 pemerintah Kota Cimahi melalui KPUD Kota Cimahi melaksanakan pelantikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilu 2024, di perkantoran Pemkot Cimahi, Minggu (12/2/2023).

Hadir dalam pelantikan Pantarlih ini, Pj Wali Kota Cimahi, Asisten Daerah Kota Cimahi, Kepala Kesbangpol Kota Cimahi, kejaksaan Negeri Kota Cimahi, Ketua KPU Kota Cimahi, Bawaslu Kota Cimahi, Perwakilan TNI Polri, Camat dan Lurah, PPK dan PPS serta Petugas Pantarlih se Kota Cimahi.

Ketua KPUD Kota Cimahi Muhammad Irman mengatakan pelantikan pantarlih ini dilkakukan secara serentak di Indonesia. Pelantikan Pantarlih merupakan tahapan pemilu 2024. Pendataan pemutakhiran data pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial. Pemutakhiran data ini menentukan bagi pemutakhiran data pemilih untuk pemilu selanjutnya.

“Oleh karena itu, jika hasil penyusunan data pantarlih bermasalah maka dapat dipastikan tahapan pemilu selanjutnya akan terganggu ,”ujar Irman dalam sambutannya di acara pelantikan petugas Pantarlih Minggu (12/2/2023)

Irman menyebutkan Pantarlih ini sebagai ujung tombak dalam penyusunan pemutakhiran data pemilih. Untuk itu perlu kesiapan pantarlih dalam menjalankan tugas.

Petugas Pantarlih dalam melaksanakan pemutakhiran data pemilih meliputi :
1. Petugas Pantarlih wajib berkomunikasi dengan masyarakat lokal
2. Dalam pelaksanaan coklit, petugas pantarlih wajib menggunakan atribut, dan mencatat buku kerja untuk mencatat aktivitas yang dilakukan.
3. Apabila ada kendala di lapangan segera laporkan kepada PPS, PPK atau kepda KPU setempat

Sementara Pj Wali Kota Cimahi, Dikdik S Nugrahawan mengungkapkan bahwa kita harus berkomitmen didalam penyelenggraan pemilu serentak ini khususnya di Kota Cimahi harus berjalan dengan berkualitas artinya nyaman dan aman. Intinya tidak ada satu pihakpun yang kecewa dengan penutakhiran data ini. hal merupakan bagian tahapan penyelenggaraan pemilu serentak.

Saat ini kita telah menyaksikan pelantikan pantarlih, yang merupakan awal dari proses pemilu serentak, penetapan pemutahiran data ini tentu akan memberikan jaminan tersendiri didalam proses pemilu selanjutnya,”ungkap Dikdik.

Lanjut Dikdik memaparkan apa yang dilakukan pantarlih ini akan memberikan keyakinan kepada KPU Kota Cimahi dalam melaksanakan pemilu serentak 2024.

“Dalam menjalankan tugasnya silahkan para petugas Pantarlih berkoordinasi dengan yang berkepentingan,”paparnya.

Dikdik minta petugas Pantarlih harus bisa melakukan yang terbaik, silahkan petugas terjun ke lapangan dengan caranya masing masing, sehingga dapat memudahkan menjalankan tugasnya.
“Saya mewakili pemerintah Kota Cimahi mengucapkan selamat dan kami mengajak KPU dan TNI Polri mari kita sama sama kawal para petugas pantarlih ini dalam menjalankan tugasnya, sehingga proses mengahadapi pemilu serentak 2024 dapat berjalan dengan baik,”pungkasnya. (difa)