Regional

HPN, IPJI Ciamis Gelar Pasar Murah

Ciamis.Swara Jabbar Com.-Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) organisasi pers DPC IPJI Dewan Pengurus Cabang “Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia” Kabupaten Ciamis Propinsi Jawa Barat menggelar pasar murah.

Tujuan kegiatan ini tiada lain untuk membantu masyarakat dimana saat ini harga pangan terutama beras sedang dalam kondisi mahal/tinggi.

Disatu sisi, ancaman krisis pangan tingkat dunia (global) termasuk Indonesia kedepan ini tengah mengancam maka kami disini hadir untuk membantu masyarakat.

“Kita lebih berbaur langsung dengan masyarakat dimana kita bisa melihat kesulitan terutama aspek harga pangan saat ini sedang mahal.

Maka kami mencoba berkomunikasi dengan Bulog, Pemerintah Daerah dan IPJI dalam rangka Hari Pers Nasional ini kami mengadakan pasar murah, “Terang Ketua IPJI DPC Ciamis, Arif Ma’ruf yang akrab disapa Golun, Rabu (15/2/2022) di Lokasi.

Dijelaskan Arif, Berawal dari teriakan masyarakat terkait tingginya harga bahan pokok beras khususnya di wilayah Kabupaten Ciamis Menjadi dasar terlaksananya kegiatan operasi pasar murah yang digawangi boleh organisasi profesi insan pers kabupatem Ciamis yang tergabung di DPC IPJI, dan ini bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 yang bekerjasama dengan Bulog Ciamis dan pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi, UKM dan perdagangan, ” Jelas Arif Ma’ruf.

Pimpinan Cabang Bulog Ciamis, Safarudin ketika dihubungi via Watsapp mengatakan, Terimakasih yang sebesar besarnya kepada kawan – kawan insan pers IPJI Ciamis yang telah membantu program Bulog dalam upaya menekan harga pasar beras di pasaran yang saat ini sangat tinggi sehingga operasi pasar ini bisa terlaksana di Desa Pamalayan yang merupakan wilayah dimana salah satu gudang Bulog terletak di wilayah ini.

“Pihak Bulog berharap kegiatan operasi pasar yang bekerjasama dengan insan pers Ciamis IPJI tidak hanya di satu titik ini saja, tetapi bisa sampai ke setiap kecamatan di Kabupaten Ciamis atau pelosok Ciamis, Dengan tujuan supaya meratanya pasokan beras bulog yang bisa diterima langsung oleh masyarakat, Semoga dengan ini bisa membantu juga dalam upaya penekanan harga beras di pasaran,” Imbuhnya.

Kepala Desa Pamalayan Agus Lutfi Mansyur mengatakan, Terimakasih juga atas perhatiannya dari insan pers di Ciamis yang tergabung di IPJI yang telah bekerjasama dengan Bulog dan pemda Ciamis untuk mengadakan operasi pasar murah di Desa Pamalayan kecamatan Cijeungjing.

“Dengan operasi pasar murah ini diharapkan bisa sedikit membantu masayarakat Desa Pamalayan untuk memperoleh beras yang layak konsumsi dengan harga yang terjangkau,” Terang Agus Lutfi.

 

 

Kepala Bidang Perdagangan DKUKMP Ciamis Asep Sulaeman mengatakan, Dengan operasi pasar ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan dan ikut serta dalam upaya penekanan pada stabilitas harga pangan dipasar.

“Informasi yang didapat Ciamis alhamdulillah untuk tahun ini atau beberapa bulan kedepan stock pangan khusus beras surplus. Ditambah informasi dari Bulog juga stok aman.
Akan tetapi mengenai harga di bawah mahal, tentu dengan kegiatan ini, masyarakat sangat terbantu terutama dari aspek harga beras dijual atau dibeli masyarakat di harga HET harga eceran tertinggi yang ditetapkan pemerintah,” Ujarnya.

Ditambahkan Sekjen IPJI Ciamis, Heru Pramono kegiatan ini akan kontinyu (berkesinambungan) dilaksanakan ke beberapa wilayah atau desa.

Minggu depan kami pun masih akan melakukan penjualan melalui operasi pasar ini persiapan di Cimaragas tepatnya insya Alloh sekitar terminal Cimaragas.

“Bagi desa atau wilayah yang ingin mengadakan gelar pasar murah bisa juga menghubungi rekan IPJI Ciamis agar nanti bisa kita komunikasikan untuk diadakan kegiatan tersebut. Meski kami saat ini sudah tengah membuat jadwal untuk gelar operasi pasar murah.

Berkenaan dengan kualitas komoditi berupa beras dan bahan pangan lainnya seperti tepung terigu, minyak goreng dan daging sapi beku pun kami sediakan hanya penekanan kami ada pada beras.

Kami mengadakan pasar murah sembako ini pun tentu harga paling murah dibanding dengan yang lainnya dan mutu Insya Alloh terjamin.

Untuk harga beras per kilo kita patok di harga Rp. 9.400, Tepung Terigu per kilo Rp. 11.000, Daging Sapi Beku Rp. 90.000 per Kg. Untuk Minyak Goreng kita belum bisa menetapkan harga karena masih mencari yang kompetitif harga,” Pungkasnya.(Zenal)