Pemerintahan

Hasil Panen Meningkat, Pj. Gubernur Jabar Apresiasi Kelompok Tani Mekarwangi di Cicalengka

Kab Bandung.Swara Jabbar Com.-Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menghadiri Panen Raya Kelompok Tani Mekarwangi Wilayah Kodam III/Siliwangi di Kampung Bojong Jambu, Desa Panenjoan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Senin (18/9/2023).

Bey mengapresiasi panen raya hasil kerja sama TNI, Polri, Perguruan Tinggi Negeri, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) tersebut.

Berdasarkan laporan yang diterima, Bey mengatakan bahwa hasil panen raya kali ini meningkat dua ton dari tahun sebelumnya, yakni dari 7,2 ton menjadi 9,2 ton per hektare.

“9,2 ton berarti meningkat hampir dua ton dibanding tahun lalu, dan juga Pak Sobur (Ketua Poktan Mekarwangi) berupaya menjadikan tiga kali panen tahun ini, biasanya satu kali panen,” kata Bey.

Panen raya padi dari Poktan Mekarwangi Desa Panenjoan ini menggunakan inovasi pupuk BIOS 44 DC. Penggunaan pupuk organik itu lebih hemat biaya, hasilnya lebih cepat panen, dan hasil panen lebih banyak dibandingkan pupuk kimia.

Bey menekankan, inovasi panen raya ini membawa misi utama untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Karena itu, ia ingin inovasi itu dapat direplikasi ke daerah-daerah lain di seluruh Jabar.

Replikasi inovasi tersebut di daerah akan dilakukan secara bertahap, mulai dari daerah-daerah pilot project, seperti Ciamis dan Indramayu.

“Tentunya kita mengharapkan adanya inovasi seperti ini dan juga bisa direplikasi ke daerah-daerah lain, sehingga produktivitas secara provinsi akan meningkat,” tutur Bey.

“Ya (akan dikembangkan), tapi bertahap. Tadi Pak Sobur sampaikan seperti di Indramayu dan Ciamis, bertahap. Jadi pilot project dulu,” imbuhnya.

Turut hadir Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko dan Kapolda Jabar Irjen Akhmad Wiyagus dalam acara panen raya tersebut.