Pemerintahan

BMPR Jabar Targetkan Jalan Mulus

Bandung.Swara Wanita Net.-Kepala Dinas BMPR Provinsi Jabar Bambang Tirtoyuliono,memaparkan Program Jalan Mulus dan Kesiapan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jabar untuk menghadapi Lebaran Tahun 2023 di Taman Hutan Raya Ir H Djuanda, Kota Bandung, Rabu, 15 Maret 2023.

Berdasarkan data hingga 14 Maret 2023, menurut di ruas jalan provinsi untuk jalur alternatif mudik dan wisata ini terdata 1.406 lubang.

Bambang mengatakan, dinasnya berupaya memastikan ruas jalan provinsi yang biasa menjadi jalur alternatif mudik itu dalam kondisi siap digunakan. Dengan begitu, diharapkan pemudik bisa melintasi jalur alternatif itu dengan nyaman. “Ya paling tidak ada 114 ruas jalan yang harus kita persiapkan dalam kondisi baik,” ujarnya.

Menurut Bambang, penanganan lubang pada jalan jalur alternatif mudik dan wisata itu sudah dimulai sejak awal pekan ini. Ia mengatakan, dinasnya berupaya penanganan lubang jalan itu bisa dituntaskan

Untuk jalur wisata, kata Bambang, ada lima wilayah objek wisata yang berpotensi dilalui pemudik, yaitu Bogor-Puncak-Cianjur (Bopunjur), Sukabumi Raya, Bandung Raya, Jabar selatan, dan Cirebon Raya. Contohnya di Bopunjur, kawasan Puncak dan Cimory. Kemudian di Sukabumi Raya, di kawasan Pantai Pelabuhan Ratu, Ciletuh, dan Ujung Genteng, sedangkan di Bandung Raya, di kawsan Lembang, Pangalengan, Rancabali, Waduk Jatigede.Diakui Bambang, di jalur-jalur jalan nasional, provisi, maupun wisata yang biasa dilalui pemudik tersebut terdapat jalan berlubang. Dia melaporkan posisi lubang jalan di jalur mudik di Jabar per 14 Maret 2023 yaitu sebanyak  631 lubang di 114 ruas jalan, kemudian 775 lubang di 154 ruas jalur wisata. “Jadi ada 1.406 lubang, total di jalur alternatif dan wisata di Jabar,” ujar Bambang.(die)