Parlementaria

Hj.Sumiyati : Partisipasi Perempuan di Bidang Politik Sangat Penting.

Bandung.Swara Jabbar Com-Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PDI Perjuangan Hj.Sumiyati mengungkapkan bila peran perempuan dalam dunia politik masih tertinggal.Padahal perempuan mengisi separuh dari populasi Indonesia.

Hal ini menjadi salah satu faktor mengapa partisipasi perempuan di bidang politik begitu penting.

Sebab, keterlibatan perempuan mampu merepresentasikan pengalaman perempuan yang dituangkan dalam kebijakan yang lebih responsif gender ujar.Hj.Sumiyati.

Lebih jauh Legislator PDI Perjuangan Dapil Jabar VII (Kota Bekasi-Kota Depok) menuturkan Untuk mengatasi hal itu, selama 3 periode pemilu telah diterapkan kebijakan afirmatif keterwakilan perempuan dalam parlemen minimal 30 persen.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan minimnya keterlibatan perempuan dalam dunia politik, salah satunya karena masyarakat atau dari diri mereka sendiri.

“Ini disebabkan oleh perempuan itu sendiri karena mereka belum meyakini kemampuannya dalam berpolitik,” ujar Hj.Sumiyati.

Oleh karena itu, selain kebijakan afirmatif, penting juga memberikan dukungan bagi perempuan untuk memperoleh pengetahuan dan peningkatan praktik politiknya serta mendapatkan dukungan moral dari partai politik

Hj.Sumiyati juga menyebutkan pentingnya peran partai politik dalam keterlibatan perempuan di dunia politik.

“Partai politik juga dapat turut membantu mencerahkan masyarakat tentang arti penting partisipasi perempuan di bidang politik,” dan Kesempatan keterlibatan perempuan dalam Pemilu 2024 juga masih terbuka lebar. Pungkasnya. (AP)