Parlementaria

Potensi Wisata Pangalengan Tingkatkan PAD

Kab Bandung.Swara Jabbar Com.-Pangalengan terkenal sebagai daerah di Jawa Barat yang memiliki banyak objek wisata menarik untuk dikunjungi saat liburan. Untuk Anda yang menyukai keindahan alam dataran tinggi, ada banyak wisata Pangalengan yang seru dan wajib dikunjungi.

Pangalengan memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan, sehingga kawasan ini cocok bagi Anda yang ingin healing dan rehat dari rutinitas sejenak. Tak heran Pangalengan kerap menjadi tujuan wisata bagi para masyarakat di Jawa Barat atau bahkan luar daerah.

Anggota Komisi II DPRD Jabar Dadang Kurniawan mendorong Pemprov Jabar dan Pemkab Bandung untuk mengembangkan potensi pariwisata di Kecamatan Pangalengan sebagai salah satu sumber pemasukan bagi pendapatan asli daerah (PAD).

Dia mengatakan, banyak titik wisata kekinian yang dapat dimaksimalkan seperti Gunung Wayang di Desa Banjarsari, Situ Cileunca, perkebunan teh Cukul, hutan pinus Rahong, wisata alam Kertamanah dan masih banyak lainnya.

Wisata alam terbuka sangat memungkinkan untuk dikembangkan. Apalagi menurutnya hiburan seperti wisata merupakan salah satu kebutuhan mendasar manusia, untuk menenangkan diri dari kesibukan harian pekerjaan ujar Dadang Kurniawan.

Lebih jauh Legislator Partai Gerindra Dapil Jabar II (Kabupaten Bandung) Dadang Kurniawan menuturkan “Saya menilai, di Pangalengan banyak tempat pariwisata yang bisa dikembangkan sebagai sumber penghasilan daerah. Ini dapat menjadi bahan perhatian, baik pemerintah provinsi maupun kabupaten akan potensinya. Saya selaku anggota Komisi II mendorong agar ini dapat ditindaklanjuti, demi pengembangan daerah,” ujarnya.
Selain itu, Dadang Kurniawan menyebutkan dengan digenjotnya pariwisata khususnya di Pangalengan. Secara tidak langsung akan membantu menggerakan perekonomian masyarakat di wilayah tersebut. Sekaligus membuka peluang lapangan pekerjaan bagi warga sekitar, dengan memanfaatkan pengembangan titik pariwisata.

Hanya saja lanjut dia, itu tidak akan mudah. Butuh dukungan penuh dari pemerintah, terutama promosi pariwisata. Dia berharap, pemerintah dapat menyokong dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada saat ini dalam menunjang promosi pariwisata. Tidak hanya di Pangalengan, tetapi di seluruh Jawa Barat yang memiliki potensi tandasnya.

“Tetapi kembali lagi, pemerintah harus turun tangan. Khususnya masalah promosi ini yang sebenarnya gampang-gampang susah. Namun, dengan era digitalisasi sekarang kalau itu dimaksimalkan, akan menjadi lebih mudah. Tinggal dibangun konsep dan arahnya seperti apa. Tidak hanya disini, tapi juga untuk daerah pariwisata lainnya yang ada di Jabar. Itu pun patut digenjot, untuk percepatan pembangunan daerah,” Pungkas Dadang Kurniawan(AP)