Ragam

Kepo, Cuan, Ceng li, dan Cincay bahasa Gaul Hokian

Bandung.Swara Jabbar Com.-

 

Oleh Jeremy Huang Wijaya

Kita banyak mengenal istilah cepe, goceng, kepo, cuan, ceng li dan cin cay dalam kehidupan sehari hari
Semuanya adalah Bahasa slank atau Bahasa Gaul yang merupakan bahasa serapan ucapan dari Hokkian China.
Kita akan membahasnya satu demi satu arti dari Bahasa Gaul tersebut.

Anak anak ABG kita selalu mengucapkan kata Kepo. Apakah artinya? Kepo berasal dari kata Kaypoh (雞婆) bahasa Hokkian yang artinya orang tersebut ingin selalu tahu urusan orang, ingin selalu ikut campur urusan orang. Istilah Kaypoh ini banyak digunakan mereka yang tinggal di Hongkong, Singapora dan Taiwan, banyak orang tidak suka jika ada orang kepo yang selalu ikut campur urusan orang, tidak suka dengan orang yang selalu ingin tahu urusan orang.
Kemudian ada istilah ceng li dalam pergaulan. Ceng li berasal dari bahasa Hokkian China. Penulisan dalam bahasa Mandarinnya 曾黎

Céng lí. Artinya cengli adalah masuk akal atau sudah sepatutnya atau semestinya, lurus hati atau jujur. Dalam melakukan bisnis, cengli diartikan sebagai perilaku jujur dan tidak berbuat curang serta menjaga kepercayaan orang lain.Ceng Li hampir sama dengan istilah tepo seliro. Dalam kehidupan ini kita tidak bisa memaksakan kehendak. Istilah Ceng li umumnya di kenal dalam negosiasi bisnis.

Cin Cay bahasa serapan, bahasa pergaulan dari Hokkian China yang artinya bisa di kompromi, bisa di terima. Dalam kehidupan harus ada yang bisa di kompromi, bisa di terima. Cin Cay hampir sama dengan istilah toleransi.
Cuan adalah berasal dari Bahasa Hokkian Tiongkok China yakni zhuan/choan/cuan penulisannya 爨
Cuàn yang memiliki arti untung atau hasil yang didapatkan. selisih antara harga jual dan harga beli suatu barang adalah cuan. Makin tinggi selisih keuntungan yang didapat, makin besar cuannya.

 

Kata Cuan sudah ada sejak kedatangan pedagang Hokkian dari Tiongkok China berdagang di Nusantara. Jadi istilah Cuan sudah ada puluhan abad. Hampir bersamaan dengan adanya istilah cuan, maka kita mengenal istilah sebagai cepe, go ceng, ceceng,ceban dan ce tiau karena istilah itu adalah nama angka yang ada dalam perhitungan bisnis.cepe artinya seratus, ce ceng artinya seribu, go ceng artinya lima ribu,, ceban artinya sepuluh ribu, ce tiau artinya sejuta
Itulah bahasa serapan dari Hokkian China