Ragam

Mitologi China tentang Gerhana Matahari

Bandung.Swara Jabbar Com.-

 

Oleh Jeremy Huang Wijaya.

像太阳一样照耀着生命,不要让邪恶遮蔽生命之光,当太阳关闭时,生命就会关闭
Xiàng tàiyáng yīyàng zhàoyàozhe shēngmìng, bùyào ràng xié’è zhēbì shēngmìng zhī guāng, dāng tàiyáng guānbì shí, shēngmìng jiù huì guānbì artinya bersinarlah bagai matahari menyinari kehidupan, janganlah kejahatan menutupi sinar kehidupan, ketika matahari tertutup, akan tertutuplah kehidupan.

Masyarakat kita mengenal mitologi Bathara Kala yang memakan matahari sehingga terjadi gerhana matahari.
Sebelum 2000 SM masyarakat Tiongkok China memiliki catatan gerhana matahari total. Pada masa dinasti Shang (1766 SM-1123 SM). Setiap mengambil keputusan politik, ekonomi dan budaya berdasarkan ilmu perhitungan astrologi. Ada kisah 2 ahli astrologi Kuno China bernama Hsi dan Ho dihukum pancung karena gagal memprediksi terjadinya gerhana matahari total di Cina pada 22 Oktober 2134 Sebelum Masehi.

Karena jika terjadi gerhana matahari akan mengakibatkan jatuhnya Kekuasaan Kaisar. Menurut tradisi kepercayaan Mereka, Matahari adalah lambang dari Kaisar, dan bulan melambangkan naga sehingga ketika terjadinya gerhana matahari, dimana matahari tertutup bulan terlihat sebagai penyerangan terhadap kekuasaan Kaisar. Bagi masyarakat Cina, gerhana matahari artinya naga memakan matahari, mereka takut matahari tidak bersinar merusak siklus kehidupan. Karena bagi hewan ketika gerhana matahari adalah adanya kegelapan dunia. padahal itu hanya fenomena alam. Tidak ada hubungan dengan kehidupan.

Sekitar tahun 2300 Sebelum Masehi masyarakat China memiliki bangunan khusus buat mengamati langit. Tugas mereka sebenarnya lebih kepada menyusun penanggalan yang memang didasarkan pergerakan bulan dan matahari. Ketika terjadi gerhana matahari mengakibatkan kekacauan dalam perhitungan penanggalan untuk musim tanam.
Karena masyarakat China menentukan penanggalan musim tanam berdasarkan perhitungan peredaran matahari dan bulan. Dimana sinar matahari memberikan kehidupan bagi mahluk hidup. Dan alam bergantung kepada sinar matahari. Tanaman yang tidak terkena sinar matahari akan layu. Oleh sebab itu masyarakat Cina bergantung kepada Sinar matahari