Parlementaria

Hj.Sumiyati : Mendorong Pelaku Usaha Mengikuti Pelatihan e-learning.

Bandung.Swara Jabbar Com.-E-Learning adalah proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi IT (​Information and Technology​) yang memberikan solusi dalam mengatasi masalah ruang dan waktu.

Anggota Komisi III DPRD Jabar Hj.Sumiyati mendorong pelaku usaha untuk mengikuti pelatihan e-learning. Hal ini sangat penting lantaran saat ini penjualan digital seperti marketplace sudah menjadi tren di masyarakat.

Indeks masyarakat digital terdiri dari empat komponen yakni infrastuktur, ekosistem keterampilan digital, pemberdayaan, dan pekerjaan.

“Jawa Barat memiliki indeks ekosistem sebesar 49,48 persen kemudian untuk keterampilan digital 50,11 persen untuk pemberdayaan 26,52 persen dan untuk pekerjaan 48,64 persen,” ujar Hj.Sumiyati.

Oleh sebab itu Hj.Sumiyati mendorong keempat komponen harus ditingkatkan lagi terutama pada unsur pemberdayaan. Ia juga mengatakan infrastruktur Indeks Masyarakat Digital Pemprov Jabar sudah memadai.

“Maka orientasi kebijakan Indeks Masyarakat Digitalnya adalah diberikan pelatihan bagi pelaku usaha,” jelasnya.

Hal tersebut agar mereka paham mengenai penjualan digital seperti marketplace namun harus didukung dengan pemerataan uang digital.

“Melihat dari perbedaan keempat komponen tersebut dari indeks tersebut masa unsur pemberdayaan harus ditingkatkan lagi,” imbuhnya.

Unsur pemberdayaan terdiri dari konsumen atau pengguna, penjual atau penyedia pada marketplace atau penyedia keuangan digital.

Sehingga orientasi kebijakan indeks digital di Jabar adalah melakukan pelatihan bagi pelaku usaha agar bisa masuk di marketplace atau diberikan pelatihan e-learning.

“Maka dari itu penyedianya juga harus mengaktifkan sistem pembelanjaan secara digital/penggunaan uang digital,” pungkasnya. (AP)